Untuk lebih meningkatkan semangat, sekolah juga menyelenggarakan kegiatan doa bersama. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Ujian kelulusan sekolah bagi siswa-siswi kelas XII SMA/SMK akan segera tiba. Tak hanya kesiapan sarana dan prasarana saja yang dimatangkan oleh pihak sekolah. Tetapi, juga mental siswa agar siap menghadapi ujian.

Upaya yang dilakukan salah satunya dengan menggelar intensif belajar sejak awal semester. Para siswa diajak mengingat kembali materi-materi yang telah diajarkan oleh guru sejak kelas X dan XII. ”Makin dekat jadwal ujian, makin di-drill soal-soal dan IB ditingkatkan,” ujar Kepala SMAN 1 Madiun Imron Rosidi.

Tak hanya itu, para siswa juga dilatih untuk mengerjakan soal-soal dengan tipe High Order Thinking Skill (HOTS) yang akan mendominasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) nanti. Meski demikian, Imron optimis para siswanya mampu mengerjakan soal hingga mendapatkan nilai maksimal.

Untuk lebih meningkatkan semangat, sekolah juga menyelenggarakan kegiatan doa bersama, Jumat (1/3). Para siswa berkumpul di halaman sekolah. Kemudian, bersama guru-guru dan orang tua memanjatkan doa kepada Tuhan untuk kelancaran ujian kelulusan nanti. Kegiatan dimulai dengan Shalat Dhuha, Shalat Hajat, istigosah, dan tausiyah.

Baca juga:   Gali Kreativitas Siswa Lewat Ujian Praktek Sekolah

Sementara itu, hal-hal teknis lainnya yang berkaitan dengan ujian juga terus dimatangkan oleh pihak sekolah. Mulai dari ruangan yang akan digunakan, jaringan komputer, hingga proktor.

Tahun ini, ada 289 siswa yang menjadi peserta ujian akhir nasional di SMAN 1 Madiun. ”Kami siapkan 3 laboratorium untuk UNBK,” imbuhnya.

Imron menambahkan, untuk UNBK nantinya akan berlangsung hingga 3 sesi. Sedangkan, ujian sekolah berstandar nasional (USBN) akan berlangsung dua sesi. ”Untuk kekurangan komputer pada USBN dicukupi dengan meminjam laptop siswa,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019