MADIUN- Kota Karismatik sedang mencanangkan sekaligus mempersiapkan diri sebagai kota yang layak bagi lansia (lanjut usia). Setelah pada pertengahan tahun lalu, Kota Madiun berhasil mendapatkan predikat kota layak anak.

Mengingat jumlah lansia di Kota Madiun yang berada di rentang usia di atas 60 tahun yakni sebanyak 22.816 dari total jumlah penduduk di Kota Pecel yang mencapai angka 200-an ribu jiwa.

Tak tanggung-tanggung, banyak upaya yang telah dilakukan pemkot melalui segenap organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mendapatkan predikat tersebut.

“Memang dari provinsi baru akan dilakukan tahun ini, untuk regulasinya belum ada. Namun kami terus melakukan persiapan rapat koordinasi dengan dinas terkait,” ujar Kepala Bidang Sosial Dinsos Kota Madiun Siti Nursahada.

Upaya tersebut, kata dia, salah satunya adalah dengan diadakannya senam lansia yang rutin dilakukan setiap satu bulan sekali. Tak hanya itu, sebanyak 27 Karang Werda di tiap kelurahan juga diberdayakan untuk melakukan pembinaan terhadap para lansia.

“Untuk menuju kota layak lansia, bukan hanya menjadi tanggung jawab dinsos saja. Banyak juga terobosan yang telah dilakukan oleh OPD lainnya,”

Baca juga:   Tidak Perlu Antre, Konsultasi HIV Cukup dari HP

Seperti yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan KB, pihaknya telah membangun posyandu lansia yang tersebar di seluruh Kota Madiun. Melalui posyandu tersebut, para lansia mendapatkan sejumlah fasilitas kesehatan seperti cek tensi dan kadar gula darah secara berkala.

Tak hanya itu, beberapa tempat umum seperti rumah sakit, juga sudah menyediakan fasilitas-fasilitas yang ramah terhadap para lansia seperti adanya lift dan kursi-kursi khusus bagi para lansia.

Selain itu, berdasarkan data terakhir yang dipaparkan dalam laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan Walikota periode tahun 2014-2019. Usia harapan hidup (UHH) masyarakat Kota Karismatik berada di angka 72,54 tahun.

Artinya, angka harapan hidup di Kota Madiun tinggi, maka dari itu tak berlebihan jika Kota Karismatik layak untuk memperoleh predikat kota layak lansia tersebut. (ws hendro/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019