Jangan Lengah! Ada Peran Orangtua Dibalik Cegah Kecanduan Gadget Pada Anak

MADIUN- Tak dapat dipungkiri, kasus anak kecanduan gadget kini sudah makin sering terdengar. Tak hanya membuat anak tidak bisa lepas dari perangkat elektronik tersebut, namun hal ini juga mampu mempengaruhi anak untuk menunjukkan perilaku agresif, jika tidak diberikan izin memainkan gadget.

Kurangnya pengawasan orangtua terhadap anak, disinyalir menjadi penyebab utama dalam penyalahgunaan anak-anak dalam menggunakan gadget. Padahal, orangtua memiliki peranan sentral dalam pencegahan anak kecanduan gadget.

Menurut Psikolog Dian Ratnanigtyas, anak-anak yang berada pada usia dua tahun memang seharusnya tidak diperbolehkan untuk memegang gadget sendiri.

“Sebenarnya jika berbicara mengenai gadget, seperti pisau yang memiliki dua sisi. Artinya ada sisi negatif dan positif mengenai gadget ini,” ungkapnya.

Artinya, kata dia, bagaimana orang tua bisa mengendalikan penggunaannya untuk anak-anak begitu saja. Dian memisalkan, jika anak usia 2 hingga 3 tahun sudah tahu orangtuanya menggunakan gadget pasti mereka juga tertarik untuk menggunakan alat elektronik tersebut.

“Misalnya saja bawa handphone. Ketika mereka penasaran dan ingin memainkannya, itukan tergantung bagaimana orangtua mereka menerapkan aturan kepada anak-anaknya,” jelasnya.

Baca juga:   Senam Lansia, Walikota Ingatkan Jaga Kebersihan Musim Penghujan

Dian menekankan, pentingnya ketegasan sikap orangtua dalam menerapkan aturan kepada anak-anak di bawah usia 13 tahun mengenai penggunaan gadget ini.

“Misalnya orangtua hanya mengizinkan anak bermain handphone diwaktu libur sekolah. Artinya bagaimana orangtua yang sudah memberikan aturan, harus terus diawasi dan dilakukan sesuai aturan awal. Jangan plin-plan,” ucapnya.

Psikolog yang juga menjabat Kepala Program Studi PG. Paud UNIPMA Kota Madiun ini juga memberikan imbauan kepada para orang tua. Setidaknya jika tidak ingin kecolongan atau tidak ingin anaknya menjadi pecandu gadget, alangkah baiknya para orangtua mendampingi dan menunggu disaat anak memainkan handphone. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019