MADIUN- Ikan Louhan atau ikan yang terkenal karena jenong (jidat nonong) di kepala ini, merupakan ikan hias air tawar yang memiliki banyak peminatnya di dunia, tak terkecuali Indonesia. Ternyata, ikan louhan adalah hasil hybrid atau persilangan dari jenis ikan Parrot Cichil yang kemudian melahirkan jenis ikan ini.

Karena keunikan dan kecantikan jenisnya, ikan yang satu ini banyak dipelihara di dalam akuarium sebagai pelengkap hiasan rumah. Nah, seperti apasih sebenarnya perawatan untuk ikan louhan ini?

Berdasarkan penuturan Wakil Ketua Madiun Louhan Community Donny Setyawan, perawatan ikan louhan termasuk mudah. Dia menambahkan, sebaiknya ikan louhan dirawat pada suhu air sekitar 80 hingga 85 derajat fahreinheit.

“Tentunya kadar pH harus dijaga. Karena biasanya ikan ini membutuhkan ruang yang cukup lapang, sekitar 20 hingga 30 galon untuk pertumbuhan,” jelasnya saat ditemui di sela acara Kontes Louhan Jatim 8.

Biasanya, lanjutnya, di saat musim penghujan yang harus diperhatikan adalah kelembapan air. Maka dari itu, agar menjaga akuarium tetap lembap, baiknya diberikan heater khusus untuk akuarium.

Untuk ikan louhan berukuran 5 hingga 7.5cm, Donny menjelaskan, bisa menggunakan akuarium dengan ukuran 20×30 sentimeter. Jika ukuran ikan louhan sekitar 10 hingga 15cm memakan ruang yang cukup besar sekitar 40×60 sentimeter. Begitu seterusnya menyesuaikan dengan ukuran ikan louhan yang dipelihara.

Baca juga:   OPD Diminta Cermat Agar Tahun Depan WTP

Dia menjelaskan, untuk kebersihan akuarium, baiknya adalah dengan menguras seperempat dari isi akuarium. Dua minggu sekali, dijamin akan membuat kualitas air menjadi bersih.

“Justru kalau sering-sering ikan bakalan stres. Nah kalau louhan stres warnanya itu jadi tidak cantik lagi,” ujarnya.

Berbicara mengenai, jenong ikan louhan. Ternyata ada cara mempercepat pertumbuhan jenong lho. Donny mengatakan jika jenong pada louhan berkaitan dengan gen. Namun, penghobi ikan louhan bisa mempercepatnya dengan cara menjaga pakan dan terapi suntik hormon.

“Kalau jenis pakan yang baik untuk mempercepat jenong ikan louhan dan untuk keindahan mutiara atau sisik ikan, biasanya menggunakan pakan alami. Seperti jangkrik, udang, cacing beku, dan pelet,” tandasnya. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019