MADIUN- Memasuki masa akhir jabatan pemerintahan periode 2014-2019, Pemerintah Kota Madiun kian getol melakukan pematangan terhadap rancangan rencana kerja (renja) 2020. Seperti pada Senin (11/3) Pemkot menggelar pembahasan bersama forum perangkat daerah yang ada.

Setidaknya, tujuh organisasi perangkat daerah (OPD)  digabung dalam satu kelompok bidang, guna memaksimalkan pembahasan rancangan rencana kerja tahun depan. Seperti Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat yang masuk ke dalam kelompok forum tiga.

OPD yang tergabung yakni Dinas Tenaga Kerja, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, hingga Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah.

Total dana pagu yang dianggarkan dalam rancangan rencana bidang ini kurang lebih 359M. Anggaran tersebut untuk mencukupi 140 usulan yang berasal dari tujuh perangkat daerah yang memiliki fokus terhadap pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tersebut.

Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang (DPUTR) tercatat memiliki total pagu terbesar untuk memenuhi 29 usulan yang dicatatkan dalam rencana forum perangkat daerah, yakni senilai 279.2 M.

Baca juga:   Sambut 2019, Pemkot Madiun Gelar Doa Bersama Lintas Agama

Kepala DPUTR Suwarno menjabarkan, terdapat prioritas usulan yang dijabarkan kepada sejumlah lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (LPMK), lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan sejumlah perwakilan masyarakat yang ada.

Diantaranya prioritas untuk program pembangunan dan pemeliharaan jembatan yang didalamnya terdapat sembilan jenis kegiatan pemeliharaan.
“Kedepan untuk kegiatan pemeliharan ini harapannya partisipasi masyarakat lebih dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Sedangkan Dinas Tenaga Kerja mengusulkan sebanyak 26 usulan kegiatan. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman mengusulkan sebanyak 22 usulan kegiatan. Dinas Lingkungan hidup sebanyak 37 usulan. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sebanyak 14 usulan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah 15 usulan dan Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah sebanyak 12 usulan. (ws hendro/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019