Keberhasilan Bank Pasar di Kota Madiun hingga kini dapat menjadi Bank Daerah memacu semangat mereka untuk belajar. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Profesionalisme manajemen PD BPR Bank Daerah Kota Madiun tak hanya diakui di lingkup dalam kota saja. Tetapi, juga oleh daerah lain. Buktinya, DPRD Kabupaten Banyumas turut menimba ilmu terkait hal itu di Kota Karismatik.

Ketua Rombongan Komisi C DPRD Kabupaten Banyumas Samsudin Tirta menuturkan hal itu. Menurutnya, keberhasilan Bank Pasar di Kota Madiun hingga kini dapat menjadi Bank Daerah memacu semangat mereka untuk mencari tahu secara langsung. ”Kami ingin belajar di tempat yang sudah bagus,” tuturnya saat ditemui dalam kunjungannya di PD BPR Bank Daerah Kota Madiun, Selasa (12/3).

Lebih lanjut, Samsudin menjelaskan, tahun ini DPRD Kabupaten Banyumas berinisiatif mengusulkan pembangunan Bank Pasar di wilayahnya. Hal ini dikarenakan belum ada bank yang 100 persen milik pemkab.

”Saat ini hanya ada bank milik provinsi dan kabupaten yang penyertaan modalnya masih 51 persen provinsi dan 49 persen kabupaten,” jelas pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi C Bidang Perekonomian dan Keuangan Daerah DPRD Kabupaten Banyumas itu.

Karenanya, DPRD mengusulkan pembangunan Bank Pasar. Salah satunya, untuk meningkatkan PAD di daerah tersebut.

Dalam kunjungan kerja tersebut, berbagai hal dijelaskan oleh manajemen PD BPR Bank Daerah Kota Madiun kepada rombongan DPRD Kabupaten Banyumas. Mulai dari awal tahun berdiri, perkembangannya hingga menjadi bank daerah, target PAD setiap tahun, hingga beragam inovasi yang telah dikembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat.

Baca juga:   Bentuk Kelompok Budaya Kerja, Pemkot Gelar Pembinaan

Samsudin pun mengaku mendapatkan banyak ilmu dari kunjungan kerja tersebut. Menurutnya, mekanisme yang diterapkan PD BPR Bank Daerah Kota Madiun sangat mungkin juga diterapkan di Banyumas. ”Harapannya, apa yang kami dapatkan hari ini bisa segera diterapkan di Banyumas,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PD BPR Bank Daerah Kota Madiun Ahmadu Malik Dana Logistia berupaya memberikan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh DPRD Kabupaten Banyumas. Dia juga menjawab segala pertanyaan yang ditujukan kepadanya.

”Kamipun berharap, informasi yang kami sampaikan dapat membantu DPRD Kabupaten Banyumas sehingga melancarkan proses pendirian Bank Pasar di sana,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019