Banjir Peminat, Disnaker Berlakukan Tes Bagi Peserta Pelatihan Ketenagakerjaan

MADIUN- Upaya pemerintah Kota Madiun untuk menihilkan angka pengangguran di kota ini tak main-main. Pasalnya, sejak awal tahun lalu pemkot melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) telah membuka belasan pelatihan kerja guna mengasah keterampilan para pencari kerja.

Rencananya, pada bulan ini akan diadakan tes bagi bakal peserta pelatihan untuk keterampilan las dan mengemudi. Tercatat untuk pelatihan keterampilan las, pihaknya membuka satu kelas pelatihan dengan 20 peserta. Sedangkan untuk mengemudi dibuka tujuh kelas dengan total peserta yang akan dilatih sebanyak 170 orang.

Setelah sebelumnya, pada Senin (4/3) lalu, Disnaker telah melakukan seleksi administrasi dan psikotes kepada kurang lebih 100 bakal peserta pelatihan ketenagakerjaan untuk bidang pelatihan keterampilan menjahit.

“Kuota pelatihan untuk menjahit rencananya akan dibuka dua kelas dengan jumlah per kelas 20 orang. Tes tersebut tentunya supaya kita tahu seberapa jauh kemampuan mereka di bidang yang diminati,” jelas Kepala Bidang Tenaga Kerja Varda Yuniarti.

Berdasarkan penuturan Varda, tes tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menyeleksi peserta pelatihan yang memang mumpuni untuk diberikan pelatihan.

Baca juga:   RTH Milik Bersama, Mari Kita Jaga

“Sekaligus untuk mensortir jumlah peserta pelatihan. Karena memang pada pelatihan kali ini, animo para pencari kerja untuk mendapatkan pelatihan sangat tinggi,” ucapnya.

Total, sebanyak 17 jenis pelatihan dasar ditambah dua jenis program pelatihan lanjutan dibuka pada tahun ini untuk memenuhi sebanyak 850 peserta pelatihan ketenagakerjaan.

Rencananya, keseluruhan pelatihan akan dilakukan pada bulan Mei hingga Agustus 2019. Namun untuk jadwal pelatihan tentatif mengikuti jadwal yang dibuat oleh masing-masing jenis bidang pelatihan.

“Disnaker akan menggandeng lembaga-lembaga pelatihan keterampilan untuk melatih para peserta. Kami menyiapkan semua fasilitas untuk memaksimalkan potensi para tenaga kerja tersebut, tandasnya. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019