Masih ada proses penguatan rel kereta. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – PT Kereta Api Indonesia mulai mengoperasikan jalur ganda di wilayah Daop 7 Madiun. Tepatnya di sepanjang Stasiun Baron, Sukomoro, dan Nganjuk. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan switchover di tiga lokasi tersebut pada Kamis (14/3).

Dibukanya jalur ganda di 3 stasiun inipun menjadi bukti upaya pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur jalur KA.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendri Wintoko menuturkan, proyek jalur ganda ditargetkan selesai pada April 2019. Harapannya, seluruh jalur tersebut juga bisa segera difungsikan. Guna kelancaran perjalanan KA dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“PT KAI Daop 7 Madiun mendukung kegiatan tersebut guna tercapainya program strategis nasional dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” tutur Ixfan, Jumat (15/3).

Meski telah dioperasikan, namun jalur ganda yang telah dioperasikan ini masih belum dapat berfungsi maksimal. Masih ada proses penguatan tubuh ban kereta api. Karenanya, KA yang melewati jalur tersebut harus berjalan dengan kecepatan rendah.

Saat ini, proses penguatan tubuh ban dilakukan dengan melengkapi bahan material. Juga, menjamin bahwa pondasi telah terpasang secara kokoh.

Baca juga:   Pemkot Segera Putuskan Usulan UMK 2019

Menurut Ixfan, akan ada banyak manfaat jika jalur ganda telah berfungsi maksimal. “Jika kecepatan kereta api sudah normal saat melewati 3 stasiun tersebut, otomatis akan banyak dampak positifnya. Salah satunya mengurangi persilangan lintas Madiun sampai Jombang,” paparnya.

Selain itu, jalur ganda juga akan memengaruhi pertambahan frekuensi perjalanan KA dan mengurangi waktu tempuh. Sehingga, perjalanan dengan KA bisa semakin cepat.

Meski begitu, Ixfan juga mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya untuk lebih waspada. Terutama, di daerah perlintasan KA yang tidak dijaga atau tidak berpalang pintu.

“Kalau kurang hati-hati bisa berpotensi menambah angka kecelakaan temperan antara pengguna jalan dengan kereta api. Karena itu, selalu waspada dan patuhi rambu-rambu yang berlaku,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019