Hutan Kota Jalan Basuki Rahmad dilihat dari atas. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN – Negara Indonesia kaya akan flora dan fauna yang unik. Bahkan, dari ujung Sabang hingga Merauke memiliki kekhasan masing-masing. Sehingga, tak hanya menarik untuk dinikmati. Tapi, juga bisa jadi sarana edukasi.

Hal inilah yang diproyeksikan oleh Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto untuk pengembangan hutan kota di Kota Madiun ke depannya. ”Harapannya, tanaman di sini jadi representasi dari seluruh Indonesia,” tuturnya disela kegiatan Sambung Rasa Walikota dengan Warga Kecamatan Manguharjo di Hutan Kota Jalan Basuki Rahmad, Selasa (19/3).

Menurut Sugeng, Indonesia memiliki beragam jenis tanaman. Namun, belum seluruhnya diketahui masyarakat. Sehingga, dengan adanya beragam jenis tanaman khas daerah di hutan kota dapat menjadi sarana edukasi yang tepat bagi warga Kota Madiun.

Saat ini, beragam tanaman telah tumbuh subur di hutan kota Jalan Basuki Rahmad. Antara lain, Pohon Balibong, Baobab, Palem, Bahera Air Mata, Tabebuya, tanaman Karet Tebu, Cemara Udang, Anggur Brazil, Kayu Putih, Kenanga, Beringin, hingga Pule.

Baca juga:   Bersiap ke Tanah Suci, 189 CJH Doa Bersama dan Istighotsah di Rumah Dinas

Sugeng pun mengimbau agar dinas terkait terus meningkatkan hutan kota. Baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Bahkan, jika harus mengeluarkan biaya besar. ”Kita beli tanaman mahal tidak apa-apa kalau memang itu harganya. Kalau bisa yang termasuk langka di Indonesia untuk sarana edukasi masyarakat,” jelasnya.

Meski demikian, Sugeng juga mengapresiasi upaya pemenuhan hutan kota di wilayah Kota Madiun. Saat ini, jumlahnya telah memenuhi standar lingkungan hijau berdasarkan luas suatu daerah. Harapannya, hal ini dapat semakin ditingkatkan lagi ke depannya.

”Semua aset pemkot perlu ditingkatkan fungsinya. Apakah menjadi pemukiman atau taman, sebaiknya disesuaikan untuk kebutuhan masyarakat,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019