Bukan Sekadar Hiburan, Era Digital Juga Jadi Peluang Bisnis Skala Besar

MADIUN – Di era saat ini, tak dapat dipungkiri bahwa teknologi informasi dan komunikasi berkembang semakin pesat. Internet sebagai salah satu produknya semakin tak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Mau tidak mau, harus terus mengikuti. Jika tak ingin ketinggalan zaman.

Tak hanya pada kebutuhan pribadi, perkembangan internet juga memengaruhi dunia bisnis. Hal ini ditandai dengan semakin menjamurnya market place dan e-commerse di dunia maya. Sehingga, membuka peluang yang lebih besar untuk mengembangkan usaha.

”Kalau dulu menjual sesuatu hanya di skala dalam kota saja, kini jangkauannya bisa lebih luas. Tak hanya ke luar kota, tapi juga bisa ekspor ke luar negeri,” tutur Founder YukBisnisProperti.org Aryo Diponegoro saat mengisi seminar Technopreneur di Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun (Unipma), Kamis (21/3).

Kesempatan ini tentu tak hanya berlaku bagi mereka yang telah memiliki bisnis sebelumnya. Tapi, juga sebagai peluang mencari pengalaman baru bagi para pemula. Asalkan, disertai niat yang kuat untuk mengembangkan diri dan usaha.

Menurut Aryo, perkembangan teknologi saat ini membuka ladang bisnis yang besar. Apapun bisa menjadi peluang usaha di berbagai bidang. Mulai dari kuliner, fashion, teknologi, bahkan properti seperti yang ditekuninya saat ini.

Baca juga:   Kian Seksi Jadi Lahan Investasi, Kota Madiun Makin Diminati

Khusus bisnis properti, Aryo mengungkapkan bahwa teknologi telah memberikan dampak yang besar. Dari segi iklan properti, misalnya. Saat ini penggunaan banner dan spanduk di jalanan mulai ditinggalkan. Iklan dilakukan secara efektif dan efisien melalui internet. Begitu pula dengan konsultasi properti tak harus dilakukan dengan bertatap muka secara langsung.

Karenanya, Aryo mengimbau kepada generasi muda saat ini untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Internet jangan digunakan sebagai hiburan saja. ”Tapi lebih dalam lagi untuk mendatangkan manfaat yang lebih luas,” tegasnya.

Untuk dapat melakukannya, diperlukan motivasi diri yang kuat. Juga, menentukan fokus bisnis yang akan dijalani. ”Kita tidak bisa iming-imingi orang untuk jadi pebisnis. Hanya kesadaran diri sendiri yang dapat memotivasi untuk memulai usaha,” tandasnya. (Ayu/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019