MADIUN- Peringatan hari hutan sedunia yang jatuh tiap tanggal 21 Maret tiap tahunnya, ternyata tak hanya menarik perhatian sebagian masyarakat saja. Di Kota Madiun misalnya, ratusan siswa SMPN 8 Kota Madiun telah memperingatinya dengan berbagai macam kegiatan.

Dimulai sejak kemarin, Rabu (20/3) siswa-siswi SMPN 8 telah mengadakan kerja bakti di seluruh area sekolah, mulai dari halaman, ruang kelas, taman, hingga kebun sekolah. Sekaligus melakukan penanaman bibit tomat, cabai, hingga kacang panjang.

Kepala Sekolah SMPN 8 Kota Madiun Amini Farida mengatakan, bibit-bibit sayuran tersebut bahkan sudah ada yang siap panen. Yakni untuk tanaman kacang panjang. Berdasarkan keterangan, bibit-bibit tersebut merupakan pemberian dari Dinas Pertanian Kota Madiun.

“Memang sejak 2016, kami setiap hari selalu mengajarkan anak-anak tentang pentingnya peduli terhadap keberlangsungan lingkungan. Mulai dari hal kecil seperti di atas,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, siswa-siswi juga diwajibkan untuk menuliskan kegiatan yang berkaitan dengan cinta lingkungan. Seperti menuliskan kegiatan tentang menanam pohon, atau hal apa saja yang telah mereka lakukan untuk melestarikan lingkungan.

Baca juga:   20 Kontingen Ramaikan Jumbara 2018 di Kota Madiun

“Seperti hari ini Kamis (21/3), mereka mempresentasikan hasil tulisan dari kegiatan yang mereka lakukan kemarin. Tujuannya agar mereka benar-benar memahami apa yang mereka lakukan, mulai dari cara bercocok tanam, merawat, memupuk, hingga membersihkan gulma,” terangnya.

Peringatan hari hutan sedunia menjadi penting, lanjutnya, mengingat global warming sudah menjadi isu penting. Bumi semakin panas, lahan untuk pohon semakin sempit, padahal manusia memerlukan pohon untuk menghasilkan oksigen.

“Dengan peringatan ini saya berharap anak-anak dapat lebih peduli dengan lingkungan dan menerapkan untuk hidup lebih sehat dengan memperbanyak aktifitas luar ruang,” tandasnya.
(ayu/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019