MADIUN – Masa angkutan Lebaran akan berlangsung kurang dari dua setengah bulan lagi. Untuk itu, penyedia jasa transportasi telah melaksanakan persiapan sejak jauh-jauh hari. Tak terkecuali PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang telah menjual tiket KA Lebaran sejak 90 hari sebelum hari H.

Pembelian tiket KA Lebaran untuk H-10 telah dilayani sejak 25 Februari lalu. Hal ini terus berlanjut hingga 18 Maret 2019. Meski demikian, rupanya belum semua seat terisi penuh pada penjualan awal.

Manajer Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menuturkan, pantauan sementara untuk tiket KA Lebaran per 18 Maret 2019 pukul 24.00 masih ada seat yang tersedia. ”Bagi pengguna jasa KAI yang belum mendapatkan tiket kereta lebaran, masih ada kesempatan untuk membeli tiket,” tuturnya.

Meski demikian, tak semua KA masih memiliki seat kosong. Hanya pada KA dengan tanggal keberangkatan dan relasi tertentu. Di antaranya, KA Singasari, KA Brantas, dan KA Kahuripan.

Lebih lanjut, Ixfan menjelaskan, penjualan tiket yang berangkat pada 26 Mei 2019 sampai 07 Juni 2019 sudah di atas 98 persen. Tetapi, dari arah sebaliknya masih lumayan banyak sisa. Khususnya, yang kelas ekonomi.

Baca juga:   Menjanjikan Jadi Lahan Investasi, SES Buka Gerai  Pertama di Kota Madiun

Untuk itu, Ixfan mengimbau kepada pelanggan KA agar dapat merencanakan mudiknya dengan baik. Salah satunya, dengan membeli tiket KA lebih awal. Agar mendapatkan tiket lebih dulu.

”Manfaatkan fasilitas pembelian menggunakan aplikasi KAI Access, web resmi PT KAI kai.id, CC121, atau channel eksternal lainya agar lebih mudah,” imbuhnya.

Sementara itu, bagi calon penumpang yang belum mendapatkan tiket tak perlu khawatir. PT KAI akan membuka jadwal pembelian tiket KA tambahan mulai H-60.

Ixfan pun menambahkan, target angkutan Lebaran tahun ini diprediksi ada kenaikan hingga 3 persen dari tahun 2018. Karenanya, PT KAI berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna KA.

”Apalagi, segmen 1 jalur ganda Baron, Sukomoro, Nganjuk telah dioperasikan. Kami berharap pihak Satker bisa menyelesaikan segmen 2 jalur ganda berikutnya. Sehingga, pada masa angkutan Lebaran tahun ini perjalanan KA lebih lancar dan tepat waktu,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019