Entaskan ODGJ, Dinkes Getol Berikan Sosialisasi

MADIUN- Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun, saat ini jumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di kota ini sebanyak 318 orang. Mereka adalah orang-orang yang menderita gangguan jiwa mulai dari ringan hingga gangguan jiwa berat seperti skizofrenia.

Jumlah tersebut di atas hanya berasal dari orang-orang yang terdata saja, belum mencakup keseluruhan jumlah penderita yang sebenarnya. Hal ini seperti yang diungkapkan Kepala Dinkes dan KB Kota Madiun dr Agung Sulistya Wardani.

“Memang yang terlihat pemasungan terhadap odgj itu sudah tidak ada. Namun pemasungan dalam artian di sembunyikan masih banyak. Maka dari itu kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak ada lagi penderita yang di sembunyikan,” jelasnya.

Sejauh ini, kata dia, pemerintah kota telah berupaya secara maksimal dalam penanganan terhadap odgj ini. Seperti kami telah memfasilitasi adanya puskesmas khusus untuk menangani kesehatan jiwa yang ada di Manguharjo di Srindit, dan juga Puskesmas Manisrejo.

Baca juga:   Raih 4 Penghargaan Tahun Ini, Walikota Apresiasi Dinkes Kota Madiun

“Besar harapan kami agar nantinya orang yang terindikasi menderita gangguan jiwa mendapatkan penanganan yang layak. Mereka harus diajak berobat, diberikan pendampingan,” ujarnya selepas acara sosialisasi deteksi dini kesehatan jiwa dan pengukuhan tim pembina kesehatan jiwa, Selasa (26/3).

Selain itu, kata dia, jika para penderita odgj sudah diterima di lingkungannya. Maka secara tidak langsung hal tersebut akan membantu pemulihan jiwa para penderitanya.

“Harapannya dengan semakin memahami kesehatan jiwa seperti apa, besar harapan kami untuk masyarakat mampu mengenali, membantu, dan memberikan support serta pendampingan dan juga perlindungan kepada para penderita odgj,” tandasnya. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019