MADIUN- Ada yang berbeda dengan suasana pasar tradisional Sleko Kota Madiun pagi tadi, Selasa (26/3).   Sejak pukul 07.30 pasar tradisional yang berada di Jalan Trunojoyo itu telah dipadati oleh puluhan siswa SDN 05 Madiun Lor.

Bukan tanpa sebab, siswa yang berasal dari kelas satu tersebut sengaja mendatangi pasar tradisional dalam rangka belajar dan mengenal lingkungan sekitar. Dengan dibekali uang Rp 10.000, siswa yang terbagi dari tiga rombongan belajar tersebut menyebar keliling pasar untuk berbelanja bahan dasar makanan sehat.

Lilik Suharni koordinator kegiatan yang juga guru kelas satu mengatakan, outing class atau belajar luar ruang bertujuan untuk melatih anak didiknya agar lebih mandiri, sekaligus mengajarkan anak untuk lebih mengenal lingkungan sekitar pasar tradisional.

“Selain itu, kegiatan ini juga sudah sesuai dengan salah satu tematik pembelajaran yaitu tema 7 mengenai pengenalan tentang benda dan lingkungan sekitar,” jelasnya.

Setelah berkeliling pasar, 92 anak SD tersebut diajak untuk mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) yang memuat beberapa materi pembelajaran yaitu PPKN, Bahasa Indonesia, dan Matematika.

Baca juga:   Hari Kedua PPDB, Sebagian Peserta Masih Pantau Nilai

“Kegiatan ini sekaligus juga untuk mengisi kegiatan setelah ujian tengah semester. Mereka kita ajak enjoy bersama tapi juga tidak meninggalkan pembelajaran yang ada di sekolah,”ujarnya.

Rencananya, selama satu minggu kedepan SDN 05 Madiun Lor akan mengajak para siswanya untuk melakukan pembelajaran di luar ruang dengan mendatangi tempat-tempat lain yang dapat mengedukasi siswanya.

“Harapan kami anak-anak akan lebih mengenal tentang berbagai macam lingkungan di sekitarnya. Selain itu juga darisini anak-anak mau kembali belanja di pasar tradisional,” tandasnya. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019