UNBK Hari Ke-3, Cabdindik Lakukan Monitoring Langsung Ke SMK

MADIUN- Terhitung sejak Senin (25/3) lalu, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK negeri dan swasta telah dilaksanakan selama tiga hari. Tak kurang di Kota Madiun, sebanyak 11 ribu peserta mengikuti ujian serentak berbasis komputer tersebut.

Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur wilayah Madiun pagi tadi, Rabu (27/3) turun langsung melakukan monitoring evaluasi terkait gelaran UNBK serentak di Kota Karismatik.

Kepala Seksi SMK Cabdindik wilayah Madiun Suwanto mengatakan kegiatan monitoring evaluasi (Monev) telah dilaksanakan sejak hari pertama UNBK berlangsung.

“Pada hari pertama hingga ketiga berdasarkan pengamatan berjalan lancar. Soal dapat diakses peserta tanpa kendala. Semua komputer bisa dioperasikan,” ujarnya.

Adapun peserta yang tidak dapat hadir saat ujian, lanjutnya, dalam kata lain sakit, Suwanto mengatakan sudah didata dan akan dijadwalkan untuk mengikuti ujian susulan.

Saat disinggung mengenai sekolah yang menumpang untuk melakukan UNBK, Suwanto mengatakan sudah tidak ada. Dalam artian sekolah yang belum terakreditasi atau siswanya kurang dari 20 yang semestinya harus menggabung dengan sekolah lain sudah tidak ada.

Baca juga:   Mekanisme Penerimaan Maba Berubah, Siswa Harap Bersiap

“Dengan kata lain, mereka sudah punya fasilitas yang cukup memadai untuk menyelenggarakan UNBK sendiri di sekolah masing-masing. Hanya saja masih ada beberapa sekolah yang melakukan administrasinya di sekolah lain,” jelasnya.

Suwanto melanjutkan, diantaranya ada empat sekolah swasta baru dan menggabung di SMK sub rayon yang ada misalnya seperti SMK Bonaventura 2 yang menggabung dengan SMKN 4 Kota Madiun.

Untuk gelaran UNBK tahun ini, Suwanto mengatakan pemprov telah memberikan beberapa fasilitas guna kelancaran UNBK. Diantaranya dengan mengadakan tryout, menyiapkan proktor hingga teknisi.

“Kurang lebih ada 500 proktor dan teknisi yang sudah dibina dan disiapkan untuk UNBK tahun ini,” tandasnya. (ayu/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019