Orang tua perlu terlibat memberikan pemahaman kepada anak di era digital. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN- Perkembangan teknologi di era digital kian masif. Era digital menawarkan beragam ancaman dan kesempatan. Maka dari itu penting bagi orang tua mengembangkan model pengasuhan yang bertujuan menghindarkan anak dari ancaman dan memaksimalkan potensi digital.

Menangkap fenomena yang ada, beberapa waktu lalu pemkot melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun melakukan seminar yang berkaitan dengan digital parenting, atau istilah orang tua untuk memberikan pemahaman kepada anak di era digital.

Seperti yang dikatakan oleh Yosep Rusfendi, salah satu pegiat teknologi informasi komunikasi (TIK) Kota Madiun, yang juga sebagai pemateri dalam acara seminar dan lokakarya pandu digital. Mengatakan bahwa untuk mewujudkan ekosistem yang aman, sehat dan berkualitas di era digital perlu keterlibatan semua pihak.

“Bukan hanya menjadi tanggung jawab pegiat atau praktisi di bidang itu saja. Tapi juga semua elemen harus bertanggung jawab. Seperti pemerintah, guru, keluarga, bahkan orangtua,” jelasnya.

Menjadi penting, lanjutnya, untuk menjalin diskusi dengan anak-anak mengenai bagaimana pemakaian teknologi itu sendiri agar bermanfaat. “Diskusinya bisa tentang seberapa perlukah anak mengakses internet atau menggunakan gadget,” ucapnya.

Baca juga:   Dari Dongeng Pagi Berbuah Prestasi

Lebih lanjut, Josep mengatakan mengenai tanggung jawab orang tua yang mengharuskan untuk mengedukasi anak-anak bagaimana seharusnya memanfaatkan teknologi dengan maksimal.

“Tidak bisa dipungkiri generasi 1980 kebawah kan harus adaptasi untuk menggunakan teknologi. Kalau angkatan 90-an dan seterusnya kan tidak perlu diajari juga sudah bisa menggunakan teknologi,” ungkapnya.

Selain itu Yosep juga mengatakan bahwa orangtua dan anak juga harus mendiskusikan bagaimana resiko menggunakan teknologi itu sendiri. “Supaya anak-anak tahu bagaimana teknologi, ada dampak positif dan negatifnya. Jadi jangan begitu saja dibiarkan menggunakan gadget dan sejenisnya,” tandasnya.
(WS Hendro/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019