Mobil keliling Dispendukcapil makin mempermudah perekaman identitas warga. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN- Mobil keliling milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) kembali jemput bola dalam rangka peningkatan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil pada Senin (1/4).

Sejak pukul 09.00 pagi tadi, mobil keliling tersebut sudah ada di Lapangan Gulun Kota Madiun untuk melayani pencatatan data kependudukan bagi masyarakat Kota Karismatik. Mencakup KK, KTP, dan Akta-Akta Pencatatan Sipil.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dispendukcapil Kota Madiun Sri Endah mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan cara untuk menjaring dan memudahkan masyarakat untuk membuat dokumen kependudukan.

“Misalnya masyarakat ada yang memiliki aktifitas padat dan mungkin kurang sadar akan pembuatan dan pembaruan dokumen kependudukan dan catatan sipil,” ujarnya.

Melalui Dispendukcapil, kata dia, pihaknya memberikan pelayanan keliling di sejumlah tempat fasilitas umum yang ada di Kota Madiun seperti Alun-Alun Kota, Lapangan Gulun, dan Pasar Burung Srijaya.

“Untuk jadwal sebagaimana yang sudah ada yaitu pukul 09.00-12.00. Tiap harinya petugas kami akan datang langsung sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

Layanan keliling di Alun-alun sesuai jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 4,9, dan 12 April. Untuk jadwal di Pasar Burung Srijaya tanggal 2, 8, 11, 16 April. Sedangkan Lapangan Gulun terjadwal pada tanggal 5, 10, dan 15 April.

Baca juga:   Anak-anak Di Kota Madiun Sudah Bisa Punya Kartu Identitas Anak,

Endah mengatakan dengan adanya layanan keliling ini pihaknya mengatakan antusiasme masyarakat untuk membuat dokumen kependudukan cukup baik. “Seperti hari ini, baru sampai pukul 11.00 yang sudah mencetak ada 20 orang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Endah mengatakan fasilitas pelayanan keliling ini juga terbilang cepat dalam pembuatan dokumen kependudukan. Waktu yang diperlukan dalam pembuatannya hanya dalam hitungan jam.

Pernyataan di atas diamini oleh Eko Budiyono, salah seorang warga yang menggunakan fasilitas pelayanan keliling. Dirinya mengaku dimudahkan dengan adanya pelayanan tersebut.

“Ini tadi saya memperbaiki dan membuat E-KTP baru untuk anak saya. Pelayanan di sini lebih cepat dan efisien, saya tahu informasinya dari media massa,” tandasnya. (WS Hendro/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019