Bantu Cerdaskan Anak Bangsa, Sejumlah Mahasiswa Di Kota Madiun Rintis Bimbel Gratis

MADIUN- Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan tanggung jawab segenap elemen masyarakat. Hal inilah yang menjadi dasar Ridho Yanuardi bersama ke-13 teman-teman mahasiswanya untuk mendirikan bimbingan belajar (bimbel) gratis bagi anak-anak sekolah dasar di Kota Madiun.

Meski baru seumur jagung, bimbel gratis yang diberi nama Taman Belajar Anak Bangsa ini memiliki tujuan mulia dan diminati oleh anak-anak sekolah dasar yang berada di sekitar lingkungan tempat bimbel tersebut berada.

Tepatnya berada di Jalan Sekolahan No. 1 Kelurahan Banjarejo Kota Madiun. Ridho yang juga sebagai inisiator bimbel gratis itu, bersama dengan teman mahasiswa lain yang berasal dari beberapa kampus di Kota Madiun dan sekitarnya, mengajarkan mata pelajaran dasar bagi anak-anak yang memiliki latar belakang keluarga kurang mampu.

“Keinginan bikin bimbel gratis muncul dari keresahan kami. Banyak siswa kurang mampu yang ingin menambah ilmu mereka selain di sekolah tapi terhalang biaya. Makannya saya dan teman-teman lain inisiatif untuk mendirikan bimbel gratis ini,” jelasnya.

Sebagai mahasiswa, lanjutnya, tak ada salahnya untuk menularkan ilmu yang selama ini telah mereka dapat di bangku sekolah yang lalu. “Kami ingin memberikan kontribusi nyata untuk negara ini, salah satunya ya dari hal kecil bikin bimbel gratis ini. Tujuannya ya supaya pendidikan merata bisa dirasakan semua kalangan,” ujarnya.

Baca juga:   Ikut FESA 2018, SMK Penerbangan Angkasa Lanud Iswahjudi Borong Juara

Ridho yang masih berstatus mahasiswa semester dua tersebut mengatakan, mata pelajaran yang diajarkan oleh dirinya dan teman-teman lainnya meliputi baca, tulis, hitung, Bahasa Indonesia, pengetahuan alam, dan pengetahuan sosial.

Terhitung baru beberapa minggu lalu didirikan, bimbel gratis tersebut telah memiliki kurang lebih 10 anak didik yang diberikan bimbingan belajar tiap Senin hingga Sabtu pada pukul 15.00 sampai 17.00. Kedepan, Ridho berharap bimbel gratis yang dibuatnya bersama teman mahasiswa lainnya dapat memberikan dampak yang positif untuk pemerataan pendidikan tambahan.

“Harapannya supaya nanti banyak anak-anak sekolah dasar yang termotivasi untuk belajar lebih giat dan menyelesaikan jenjang sekolah ke tingkat yang lebih tinggi,” tandasnya (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019