MADIUN – Tahapan kelulusan bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat tinggal selangkah lagi. Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) telah dilewati. Tinggal menunggu ujian praktek dan pengumuman kelulusan.

Di sisi lain, Dinas Tenaga Kerja mulai ancang-ancang terjadinya peningkatan pencari kerja dari momen kelulusan ini. Beberapa strategi pun disiapkan agar tidak sampai menambah jumlah pengangguran di Kota Madiun.

”Selesai UNBK memang ada kemungkinan bertambahnya jumlah pengangguran,” tutur Kepala Disnaker Kota Madiun Suyoto Harjo Wiyono saat ditemui setelah RPD LKPJ Walikota Madiun tahun anggaran 2018 di Gedung DPRD Kota Madiun, Senin (8/4).

Fenomena ini memang berpotensi terjadi. Meski di Kota Madiun ini hampir 90 persen meneruskan kuliah. Sedangkan, lulusan SMK sudah ditampung ke perusahaan melalui job match di sekolah masing-masing.

Karenanya, Disnaker juga mengambil langkah untuk bekerjasama dengan perusahaan yang membutuhkan para pencari kerja. Sehingga, dapat menampung para lulusan yang ingin segera bekerja.

Baca juga:   Buka Gerai Pertama di Kota Madiun, Walikota Harapkan ACES Sumbang PAD Kota

Beberapa perusahaan yang telah memiliki kerjasama dengan Disnaker di antaranya bergerak di bidang ritel, permodalan, dan manufaktur. Sesuai data di Disnaker, setiap tahun ada sekitar 500 pencari kerja yang bisa tertampung di berbagai perusahaan tersebut.

Sedangkan, bagi yang tidak ingin bekerja di perusahaan dan berwirausaha, Disnaker juga menyediakan beragam pelatihan. Mulai dari membuat masakan tertentu, membatik, menjahit, perawatan kecantikan, hingga animasi digital.

”Selama ini, program-program tersebut cukup signifikan mengurangi angka pengangguran. Harapannya, ke depan tidak ada lagi pengangguran di Kota Madiun,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019