Kafe Reading, Ruang Literasi Unik Milik MIN 1 Demangan

MADIUN- Jika dilihat sekilas dari luar, MIN 1 Demangan seperti layaknya bangunan sekolah pada umumnya. Namun jika kita masuk ke sekolah tersebut, ada salah satu sudut yang menarik untuk diperhatikan. Yakni kafe reading yang terletak persis di samping perpustakaan madrasah tersebut.

Berdasarkan penuturan Kepala Urusan (Kaur) Kurikulum MIN 1 Demangan Ridwan Amana, kafe reading sengaja dibangun untuk meningkatkan minat baca siswa-siswinya, dengan cara yang berbeda.

Pasalnya, Kafe Reading tak hanya menyediakan buku-buku bacaan yang berada di perpustakaan. Lebih dari itu, kafe reading menyediakan buku-buku karya orisinil dari siswa-siswi MIN 1 Demangan, lengkap dengan jajanan-jajanan sehat sebagai cemilan disela-sela membaca buku.

“Buku-buku karya siswa tersebut berisi cerita fiksi, catatan sekolah, dan cerita lain yang ditulis langsung oleh para anak didiknya. Mulai kelas tiga yang menulis di buku, sampulnya dilaminating dan dihias agar menarik. Tiap bulan buku-buku itu selalu di upgrade,” jelas Ridwan.

Ridwan mengatakan, ide awal pembuatan kafe reading muncul karena beberapa bulan yang lalu pihaknya mengikuti lomba madrasah inovatif di kantor wilayah Kementerian Agama Jawa Timur. Berawal dari sana, mendapatkan respon yang positif serta didukung oleh komite sekolah akhirnya dibangunlah kafe reading tersebut.

Baca juga:   Gubernur Jatim Tawarkan 1.800 Beasiswa Pelatihan Digital Bagi Milenial

Destrina Amininda Nur Amalina salah seorang siswa yang sedang membaca buku di Kafe Reading mengatakan sangat senang membaca buku di tempat tersebut. “Tempatnya seperti kafe, keren. Sambil membaca, mengerjakan tugas bisa makan dan minum sekalian,” ujarnya.

Siswi kelas lima tersebut mengatakan tiap ada waktu luang di sekolah, dia selalu menyempatkan diri untuk membaca satu buku karya teman-temannya. Destri sapaan akrabnya mengatakan bahwa cerita-cerita yang ditulis di buku oleh teman-temannya itu memiliki alur cerita yang menarik.

“Ceritanya ringan untuk dibaca, bisa jadi hiburan selain buku pelajar,” katanya di sela-sela bercengkerama dengan teman-teman sekelasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019