Penuh Potensi, SDN Oro-Oro Ombo Jadikan KTS Ajang Unjuk Kreasi

MADIUN- Riuh suara simbal beradu dengan drum bass meramaikan suasana pagi di SDN Oro-Oro Ombo Kota Madiun pada Kamis (11/4). Sedari pagi kesibukan nampak di sekolah yang berada di Jalan Biduri itu. Panggung sederhana didirikan di tengah halaman sekolah, lengkap dengan kursi-kursi untuk para tamu.

Bukan tanpa sebab, pasalnya hari ini merupakan puncak dari rangkaian peringatan Isro Mi’roj dan Kegiatan Tengah Semester (KTS) yang telah dilaksanakan sejak Selasa (9/4) lalu. Yang menarik, dalam acara hari ini seluruh siswa-siswi dilibatkan untuk unjuk kreasi sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

Mulai dari tari-tarian daerah yang dibawakan dengan apik oleh siswa-siswi, mendongeng dengan alat peraga yang dilakukan oleh dua orang siawa, menampilkan wayang kulit dengan dalang siswa kelas tiga, hingga menghias sudut baca tiap kelas dengan menggunakan produk daur ulang yang tak menghilangkan unsur estetika.

“Sudah jadi program sekolah kami untuk tiap kegiatan tengah semester selalu diisi dengan acara semacam ini. Intinya, di acara ini sebagai pendidik kami mau memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh siswa di bidang kesenian dan juga keterampilan,” jelas Kepala Sekolah SDN Oro-Oro Ombo Siti Khotifah.

Tak hanya itu, lanjutnya, bahwa kegiatan tengah semester kali ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi terkait dengan pendidikan karakter melalui pendidikan keluarga yang pada kesempatan ini dikemas dalam bentuk Talk Show . “Maka dari itu pihak sekolah mengundang wali murid untuk menyaksikan unjuk bakat dan minat yang dimiliki oleh putra putrinya,” selain menyimak penjelasan narasumber dan bertanya jawab mengenai bagaimana peran orang tua dalam mempersiapkan generasi milenia yg berkarakter ujarnya.

Baca juga:   Bantu Cerdaskan Anak Bangsa, Sejumlah Mahasiswa Di Kota Madiun Rintis Bimbel Gratis

Kasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi mengatakan, kegiatan semacam ini perlu untuk dicontoh sekolah lainnya. “Ini merupakan bukti bahwa baik sekolah maupun orangtua harus mendukung potensi yang dimiliki anak. Pintar dalam akademik wajib, tapi juga jangan melupakan keterampilan di bidang non akademik,” ungkapnya.

Pada dasarnya, lanjutnya, anak dilahirkan dengan keunikan masing-masing. Maka dari itu, baik sekolah maupun orangtua harus mendukung semua potensi yang dimiliki oleh anak. (rama/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019