IKM Kota Madiun memiliki potensi yang luar biasa untuk melenggang di pasar internasional. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN- Kebutuhan akan produk yang terstandardisasi kian menjadi perhatian penting. Baik dari pelaku usaha terkait, ataupun perhatian dari pemerintah. Maka dari itu tak heran jika pada Kamis (18/4) pemerintah pusat melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan kunjungan ke sejumlah Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Madiun.

Berdasarkan penuturan Kepala BSN Bambang Prasteya, IKM Kota Madiun memiliki potensi yang luar biasa untuk melenggang di pasar internasional. Hal tersebut diucapkannya seusai melihat langsung beberapa IKM unggulan yang ada di Kota Madiun.

“Seperti yang saya lihat di lapangan tadi, IKM Kota Madiun memiliki beragam inovasi dan tentunya pandai mengangkat sesuatu yang khas menjadi produk unggulan. Seperti tadi produk IKM Madumongso Bu Danu dan Batik Murni ini,” jelasnya.

Bambang mengatakan, jalan IKM Kota Karismatik untuk menuju pasar internasional sangatlah mudah. Karena pada dasarnya produk-produk IKM yang dimiliki oleh Kota Madiun memiliki kualitas yang mumpuni.

“Asalkan semua persyaratan untuk menuju internasional itu terpenuhi. Seperti produk IKM Madumongso tadi, harus memenuhi standar keamanan produk pangan HACCP (Hazzard Analysis Critical Control Points),” ungkapnya.

Baca juga:   Benih Faktor Keberhasilan Budidaya

Keberadaan kami disini, ujarnya, untuk melihat seperti apa fasilitasi yang dibutuhkan oleh para pelaku IKM. Seperti standardisasi yang mampu membuka jalan untuk menuju ke pasar global. “Selain itu nantinya akan membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas produk tentunya,” ungkapnya.

Senada dengan pernyataan di atas, Kepala Bidang Perindustrian Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun Apri Tri Yudianto mengatakan pihaknya terus memfasilitasi para pelaku usaha baik IKM maupun UMKM untuk pelatihan dan promosi.

“Dari pelatihan dan promosi yang kami terus lakukan, harapannya tentu muncul standar tersendiri dari masing-masing produk. Selain itu dengan adanya monitoring ini harapannya dapat memacu pelaku IKM untuk meningkatkan mutu dan kualitas,” tandasnya. (WS Hendro/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019