Inflasi terjadi karena naiknya IHK pada lima komoditas. (wshendro - madiuntoday)

MADIUN- Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis  data inflasi di Kota Madiun periode April 2019. Berdasarkan penjabaran yang diberikan, bulan ini Kota Madiun mengalami inflasi sebesar 0.41 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 133.13. Dari delapan Kabupaten/Kota penghitung inflasi Nasional di Jawa Timur, seluruh wilayah tersebut memang mengalami inflasi.

Seperti yang diungkapkan Kepala BPS Kota Madiun Umar Sjaifudin. Inflasi terjadi karena naiknya IHK pada lima komoditas. Yakni kelompok bahan makanan yang mengalami inflasi sebesar 1,61 persen, disusul kelompok Makanan Jadi, Minuman, Rokok dan Tembakau dengan tingkat inflasi sebesar 0,38 persen.

“Sedangkan untuk kelompok sandang menempati urutan ketiga dengan tingkat inflasi sebesar 0,26 persen. Selanjutnya kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan mengalami inflasi sebesar 0,09. Terakhir kelompok kesehatan mengalami inflasi sebesar 0,06 persen,” jelasnya saat menyampaikan release Inflasi Kota Madiun bulan April pada Jumat (3/5).

Secara tidak langsung, lanjutnya, inflasi akan tetap terjadi di bulan Mei. Kenaikan harga barang dan jasa masih terus berjalan. Apalagi, katanya, minggu depan sudah memasuki Ramadan dan Juni masuk Lebaran. Umar mengatakan, kenaikan harga akan terjadi di seluruh sektor.

Baca juga:   Ingin Klaim Jaminan Hari Tua, Ini Persyaratan dan Ketentuannya…

“Kenaikan IHK di Kota Madiun dipicu oleh kenaikan harga pada beberapa komoditas yang dominan, diantaranya bawang merah, bawang putih, tomat sayur, telur ayam ras, dan kelapa,” ujarnya.

Namun, Umar menambahkan, terdapat beberapa kelompok komoditas yang dapat menekan laju inflasi. Diantaranya adalah daging ayam ras, beras, shampo, sabun detergen bubuk atau cair, dan ikan lele. Pihaknya berharap data yang dikeluarkannya bisa menjadi pertimbangan pemerintah untuk menindaklanjuti pengendalian inflasi. (WS Hendro/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019