MADIUN- Ramadan tiba, saatnya umat muslim menjalankan ibadah puasa. Selama sebulan penuh berpuasa, tubuh tentunya akan mengalami perubahan metabolisme. Maka dari itu, hal ini menjadi penting untuk diperhatikan agar tubuh sehat dan tak merasa lemas selama menjalani puasa.

Menjalankan puasa dengan tubuh yang fit dan sehat, tentunya juga akan berpengaruh pada kekhusyukan dalam menjalani ibadah puasa kali ini. Tak perlu dengan cara yang sulit, berikut tips bebas lemas saat puasa yang dikutip dari berbagai sumber.

Jaga Tubuh Tetap Sehat

Konsumsilah makanan yang sehat dan baik bagi tubuh dengan memenuhi nutrisi dan asupan vitamin yang seimbang. Serta, tetaplah berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang bugar. Minimal, lakukan olahraga ringan seperti jogging di pagi hari, atau sore menjelang buka puasa.

Perbanyak Makan Buah serta Sayuran saat Berbuka dan Sahur

Bagi kalian yang memiliki hobi ngemil makanan ringan, maka aktifitas yang satu ini perlu untuk dikurangi di bulan puasa. Mulailah menggantinya dengan buah-buahan dan sayuran, sebab keduanya kaya serat dan bisa membuat tubuh lebih sehat.

Baca juga:   Jangan Lengah! Ada Peran Orangtua Dibalik Cegah Kecanduan Gadget Pada Anak

Hal tersebut bisa dilakukan dengan pemenuhan makanan yang bergizi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, kalsium, lemak sehat, dan yang lainnya.

Selain itu, berpuasa sembari beraktivitas tentunya dapat menguras mineral di dalam tubuh yang  biasa didapat dari air putih. Kurang lebih selama 14 jam, tubuh akan menahan untuk tidak makan dan minum.

Maka dari itu, kita harus mengetahui cara untuk mencukupi cairan di dalam tubuh yang hilang ketika berpuasa di siang hari. Kuncinya adalah mengatur konsumsi air putih ketika buka puasa hingga menjelang sahur. Yakni, dua gelas air putih saat sahur, dua gelas air putih saat berbuka, dan empat gelas air putih pada malam hari.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019