LPMP Rilis Rapor Mutu Pendidikan, Kota Madiun Nomor Satu Se-Jatim

Di Posting Oleh madiuntoday

6 Mei 2019

MADIUN – Rapor Mutu Pendidikan Kota Madiun mengalami peningkatan pesat. Hal ini tampak dalam rilis yang dipaparkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Pada 2018, Kota Madiun menduduki peringkat I. Bahkan, berhasil mencapai di atas rata-rata Jatim.

Kasi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi menuturkan, pencapaian rapor mutu pendidikan ini tak lepas dari konsistensi Kota Madiun untuk mencapai hasil yang lebih baik setiap tahunnya. ”Mulai 2016 sampai 2018 grafiknya selalu meningkat,” ungkapnya.

Rapor mutu pendidikan didapatkan dari capaian Standar pelayanan Minimal Internal dan Eksternal. Atau, SMPI dan SMPE. Adapun SPMI mencakup 5 standar utama yang wajib dipenuhi sekolah. Yakni, Standar kelulusan, isi, proses, penilaian, dan pengelolaan.

Sedangkan, SMPE merupakan standar minimal yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini, standar PTK atau guru, sarana prasarana, dan keuangan. Seluruh standar ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016.

Dengan adanya persyaratan standar itulah, Dinas Pendidikan Kota Madiun membentuk program penjaminan mutu sesuai 8 standar tersebut sejak 2016. Mereka memetakan kebutuhan masing-masing sekolah. Kemudian, merumuskan program yang harus dilaksanakan dan dicapai.

”Target kami tahun ini bisa mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan, red). Saat ini, seluruh Indonesia belum ada yang berhasil mencapai SNP. SNP itu ukurannya 8 standar tadi capaiannya antara grade 6-7. Sedangkan, kita rata-rata masih di grade 5,” paparnya.

Sementara itu, LPMP memberikan beberapa saran untuk meningkatkan grade mutu pendidikan di Kota Madiun. Antara lain, mengoptimalkan peran pengawas untuk mendampingi sekolah.

”Selain itu, pemangku kebijakan, dalam hal ini pemerintah daerah menjamis SPME. Yakni, ketersediaan PTK, keuangan, dan sarpras,” tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019

Artikel Terkait

Walikota Ikut Serta Kegiatan Penyemprotan Desinfektan Bersama Warga

Walikota Ikut Serta Kegiatan Penyemprotan Desinfektan Bersama Warga

MADIUN – Kepedulian terus ditunjukkan oleh warga dalam hal penanganan Covid-19 di Kota Madiun. Seperti tampak pada kegiatan RW 6 Kelurahan Tawangrejo, Minggu (5/4). Warga melaksanakan kerja bakti untuk menyemprot lingkungan sekitar dengan desinfektan. Kegiatan itupun...

Don`t copy text!