Hobi Nonton Film Antarkan Alfin Setya Jadi Kolektor Action Figure Mahal Seharga Jutaan

MADIUN- Bagi sebagian orang, menonton film hanya dijadikan sebagai hiburan semata. Namun tidak bagi Alfin Setya Patria. Lewat film, dirinya bisa dikatakan menjadi seorang kolektor action figure senilai jutaan rupiah. Mulai dari action figure Chuky, Bruce Lee, Robocop, Joker, Hellboy, dan Motorhead. Sekarang resmi mendiami lemari kaca di kediaman Alfin.

Saat ditemui di kediamannya yang berada di Jalan Jeruk, Taman, Kota Madiun. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai wiraswata tersebut tengah merapikan koleksi action figur yang dimilikinya. Sedikitnya 31 karakter yang ada di film dan game, berjejer rapi di lemari kaca yang disipakan khusus sebagai tempat bernaung bagi karakter-karakter mini berharga jutaan tersebut.

“Rata-rata action figure yang saya miliki harganya ratusan ke atas. Sampai jutaan belum ada yang puluhan juta. Paling baru figur Batman yang datang, kalau paling langka dan mahal dari koleksi saya ada motorhead,” jelasnya.

Untuk masalah harga, Alfin mengaku tidak ingin ambil pusing. Selama dia menyukai karakter action figure yang sedang diminati, dia akan mencari dan tak segan untuk merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkannya.

Baca juga:   Queena ‘Si Ratu Matematika’, Raih Emas IMC 2019 untuk Kontingen Indonesia

Alfin mengisahkan, awal mula mengoleksi action figure dimulai sejak tahun 2017. Namun dirinya baru serius mendalami dunia action figure di tahun 2019 ini. Dibuktikan dengan koleksi yang awalnya hanya satu baris, dalam lima bulan terakhir bisa menjadi penuh.

“Saya biasa mencari action figure di Surabaya, Semarang, Jakarta atau online. Cuma kebanyakan saya dapatnya dari Jakarta. Prosesnya bisa dapat dari beli langsung ataupun lelang,” ujarnya.

Alfin mengisahkan, cara lelang menjadi satu hal menarik dari mengkoleksi action figure. Dia mengatakan jual beli dengan cara tersebut bisa memunculkan tantangan tersendiri baginya.

“Kalau beli langsung kan tinggal beli selesai. Kalau lelang biasanya harus tinggi-tinggian harga dan siapa cepat dia dapat dengan dibatasi waktu. Biasanya lelang dilakukan di sosial media facebook atau instagram,” jelasnya.

Kedepan Alfin berharap agar koleksinya semakin banyak. Lebih dari itu, dirinya juga berharap agar nantinya di Kota Madiun ada tempat atau acara yang mampu mewadahi para kolektor action figure untuk berkumpul dan sharing cerita sesama kolektor.
(dhevit/kus/madiuntoday)