Sosialisasi Permendagri 99/2018, Walikota Imbau Efisiensi Perangkat Daerah

MADIUN – Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Madiun Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri RI) Nomor 99 Tahun 2018. Yakni, tentang Pembinaan dan Penataan Perangkat Daerah. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang 13 Balaikota Madiun, Jumat (10/5).

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan pemahaman serta evaluasi terhadap penataan Perangkat Daerah Kota Madiun yang telah dilakukan.

Walikota Madiun Maidi pun menuturkan, efisiensi dan ketegasan dalam menjalankan tugas bagi perangkat daerah penting dilakukan. Sehingga, proses pembangunan dapat berjalan lancar.

‘’Efisiensi salah satunya memperjelas tugas dan fungsi sebuah OPD,’’ tuturnya saat ditemui setelah membuka sosialisasi di R13.

Menurut mantan sekretaris daerah Kota Madiun itu, tugas dan fungsi OPD saat ini masih belum efisien. Salah satunya dengan ditemukannya satu obyek yang dikerjakan oleh 3 OPD. Misalnya, pembangunan dan perawatan median jalan.

‘’Median jalannya dibangun Dinas PU, tamannya Dinas Perkim, dan kebersihannya kewenangan DLH. Ini jika suatu saat salah satu dinas mau memprogramkan sesuatu tentu ada saling ketergantungan. Hal ini yang harus diubah,’’ paparnya.

Baca juga:   Rayakan HAN, Daop 7 Madiun Bagi-Bagi Souvenir Ke Penumpang Anak

Sehingga ke depan, Walikota tak ingin ada hal serupa terjadi lagi. Harapannya, satu obyek supaya dikerjakan oleh satu OPD. Agar lebih efisien dan lebih mudah dalam mengambil kebijakan.

Tak hanya itu, efisiensi juga wajib diterapkan dalam proses perizinan. Hal ini untuk memudahkan para investor yang ingin menanamkan modalnya di Kota Madiun. Selain itu, juga mempermudah masyarakat untuk memiliki izin usaha.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi juga menghadirkan narasumber dari Biro Organisasi Setdaprov Jawa Timur. Yaitu, Kepala Bagian Kelembagaan dan Anjab Biro Organisasi Setdaprov Jatim, Supriyadi. Serta, Analis Kelembagaan pada Biro Organisasi Setdaprov Jatim, Diana Melissa.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bagian Organisasi Kota Madiun Dyah Indrianita Prabandari pun berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman tentang pembinaan dan pengendalian penataan perangkat daerah. Khususnya, di lingkungan Pemkot Madiun. (WS Hendro/irs/rama/diskominfo)