MADIUN- Era digitalisasi tak hanya berbicara perihal adopsi teknologi terbaru. Lebih dari itu, kesiapan akan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang teknologi komunikasi dan informasi (TIK) juga harus senantiasa diupayakan. Adanya talenta-talenta di bidang TIK yang mumpuni, secara tidak langsung dapat menjadi bukti bahwa Indonesia siap memanfaatkan bidang teknologi digital dengan baik.

Menangkap fenomena yang ada, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah mempersiapkan masyarakatnya untuk dapat mengahadapi perkembangan zaman. Dengan menggelar program Digital Talent Scholarship 2019, diantaranya Vocational School Graduate Academy (VCGA) khusus bagi lulusan SMK/SMA.

Program beasiswa ini berupa pelatihan intensif bagi lulusan SMK/SMA, yang belum memiliki pekerjaan tetap. Program ini menyediakan materi kewirausahaan digital dan profesional skill develompent bagi seluruh peserta. Program pelatihan tersebut mencakup Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer, Junior Graphic Designer, Junior Graphic Administrator dan Intermediate Animator.

Baca juga:   Jadwal USBN-UNBK Berdekatan

Salah satu lembaga pendidikan yang menjadi tempat pelaksanaan program beasiswa tersebut adalah Sekolah Tinggi Multi Media (STMM-MMTC) Yogyakarta. Nantinya, penyelenggaraan program VSGA akan berlangsung selama 72 jam pelajaran. Meliputi kegiatan pelatihan tatap muka, kelas pendampingan, uji kompetensi dan sertifikasi.

Kelas pendampingan yang akan didapatkan peserta VSGA adalah kewirausahaan digital dan soft skills develompent yang bertujuan menciptakan tenaga kerja terampil di bidang TIK, serta memiliki wawasan kewirausahaan untuk terus berinovasi di industri 4.0. Materi akan disampaikan oleh tokoh-tokoh digital dari berbagai bidang, diantaranya makanan, games, transportasi, dan e-commers.

Pendaftaran online dan informasi terkait program beasiswa ini dapat dilihat pada laman website digitalent.kominfo.go.id. Proses pendaftaran dibuka sejak 20 April hingga 19 Mei 2019.
(Dhevit/kus/madiuntoday)