Hindari Aksi Coret Seragam dan Konvoi, Pengumuman Kelulusan Lewat Website Sekolah

MADIUN – Hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA/sederajat resmi diumumkan kepada siswa hari ini, Senin (13/5). Tahun ini, proses pengumuman kelulusan di Kota Madiun terpantau cukup lancar dan aman. Ini karena siswa dilarang datang ke sekolah dan memantau hasilnya melalui website sekolah.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Kepala SMAN 2 Madiun Pramujo Budiarto. Dia menuturkan, sebelumnya Dinas Pendidikan Jawa Timur telah mengirimkan surat edaran. Isinya, agar melarang siswa datang ke sekolah saat pengumuman kelulusan.

‘’Kami khawatir mereka datang bergerombol lalu pulangnya mengadakan konvoi dan semacamnya yang mengganggu ketertiban,’’ tuturnya.

Menurut Pramujo, pengumuman kelulusan telah diunggah dalam website sekolah sejak pukul 09.00. Pihak sekolah juga mengimbau kepada murid-murid kelas XII untuk menyumbangkan seragam yang masih layak pakai kepada orang yang membutuhkan.

Tahun ini, nilai tertinggi untuk hasil UNBK tingkat SMA se-Kota Madiun pada pelajaran IPA diraih oleh Sarono Gayuh Wilujeng. Siswa SMAN 2 Madiun itu meraih nilai 392,00. Dia juga masuk 10 besar nilai UNBK tertinggi se-Jatim tahun ini. Tepatnya, di peringkat ke-8. ‘’Alhamdulillah, SMA 2 tahun ini lulus 100 persen,’’ imbuhnya.

Hal serupa juga tampak di SMAN 1 Madiun. Hanya segelintir siswa kelas XII yang tampak di sekolah pada hari pengumuman hasil UNBK. ‘’Hari ini kami sediakan waktu bagi siswa yang ingin mengambil surat keterangan lulus (SKL) sampai jam 12 siang,’’ kata Kepala SMAN 1 Madiun Imron Rosidi.

Baca juga:   Bahagianya Siswa TK Selamatkan Diri Saat Gempa

Seluruh pelajar kelas XII di sekolah yang terletak di Jalan Mastrip itu juga dinyatakan lulus 100 persen. Totalnya, ada 288 siswa. Menurut Imron, proses pengumuman hasil UNBK dilakukan tak hanya melalui website sekolah. Tetapi juga diunggah pada grup Whatsapp siswa dan guru.

Di SMAN 1 Madiun, nilai tertinggi hasil UNBK untuk mapel IPA mencapai 364,5. Ini diraih oleh Fadhil Akbar. Sedangkan, untuk nilai tertinggi hasil UNBK mapel IPS mencapai 300,00. ‘’Untuk mapel IPA ini masuk peringkat 9 terbaik se-Kota Madiun,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Madiun-Ngawi Supardi mengimbau agar para siswa tidak melakukan aksi-aksi yang dapat mengganggu kenyamanan. Misalnya, dengan konvoi dan aksi corat-coret. ‘’Sekolah hendaknya bisa mengkoordinir siswanya agar tidak terlibat hal-hal yang tidak diinginkan,’’ tuturnya.

Supardi berharap, pengumuman kelulusan tidak dimaknai dengan euforia yang berlebihan oleh siswa. Sebab, lulus SMA bukan akhir dari perjalanan. Justru, sebagai jembatan ke jenjang berikutnya. Baik yang melanjutkan ke perguruan tinggi, maupun langsung bekerja. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019