Penyebarluasan Informasi Bursa Kerja Jadi Sarana Nihilkan Pengangguran Di Kota

MADIUN- Jumlah pengangguran di Kota Madiun memang tiap tahun terpantau menurun. Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Madiun, tingkat pengangguran terbuka (TPT) turun sebesar 0,41 persen dari 4,26 persen pada 2017. Menjadi 3,85 persen pada 2018.

Meski mengalami penurunan, hal tersebut tak membuat Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun lengah. Terbukti dengan dinas tersebut gencar memberikan sosialisasi penyebarluasan informasi bursa kerja, seperti pada tanggal 8 hingga 9 Mei 2019 lalu.

“Tiga hari tersebut kami fokuskan sosialisasi kepada masyarakat per kecamatan. Tujuannya agar nanti tiap peserta yang hadir mampu menyalurkan informasi yang didapat kepada masyarakat di lingkungannya,” ucap Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Madiun D. Windu Isrianto

Dalam sosialisasi tersebut, Disnaker menghadirkan dua perusahaan yang tengah mencari pekerja. Yakni perusahaan yang bergerak di bidang penyalur tenaga kerja dan perusahaan di bidang jasa. Windu mengungkapkan, satu diantara dua perusahaan tersebut telah bekerjasama dengan Disnaker selama puluhan tahun.

Baca juga:   Longsor Teratasi, Perjalanan KA Mulai Lancar

“Dengan adanya sosialisasi langsung bersama perusahaan ini, di triwulan dua 2019 saja, sudah ada 114 orang yang terserap menjadi tenaga kerja di perusahaan itu. Ini menunjukkan sosialisasi ini efektif,” ujarnya.

Tak hanya sosialisasi, Windu mengatakan Disnaker juga memiliki banyak fasilitasi untuk mempermudah angkatan kerja dalam mencari pekerjaan. Dirinya mengatakan, Disnaker memfasilitasi pendataan terkait apa saja yang dibutuhkan oleh para pencari kerja.

“Disadari atau tidak tiap tahunnya pengangguran pasti ada. Tiap kelulusan pasti mau tidak mau juga memunculkan pengangguran baru baik dari SMK ataupun tingkat perguruan tinggi. Maka dari itu kami harus jemput bola untuk menihilkan angka pengangguran ini,” tandasnya. (Disnaker/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019