Bingkai Toleransi di Kota Karismatik, TK ABA I Balas Kunjungan Ke Bernadus

MADIUN- Beberapa hari yang lalu, lini massa diramaikan dengan viralnya berita tentang kunjungan yang dilakukan TK Katolik Santo Bernadus ke TK Aisyiah Bustanu Athfal (ABA) I, dalam rangka silaturahmi serta memupuk toleransi antar umat beragama.

Tak berhenti disana, kali ini giliran TK ABA I yang menunjukkan kasihnya dengan melakukan kunjungan balasan ke TK yang berada di Jalan Ahmad Yani tersebut. Hal ini terlihat pada Selasa (14/5). Sedari pagi, siswa-siswi TK Katolik tersebut antusias menyambut kehadiran teman-teman barunya.

Toleransi. Itulah yang harus digaris bawahi dari kegiatan yang telah dicontohkan oleh anak taman kanak-kanak ini. Meskipun berbeda agama dan suku bangsa, namun mereka telah diajarkan untuk saling mengasihi dan menghormati sedari dini.

“Bahwa toleransi antar sesama penting. Tunjukan bahwa aku orang Madiun, aku orang Indonesia. Sehingga punya karakter yang damai, punya karakter saling menghargai, saling menghormati dan tidak suka hal-hal yang bersifat meresahkan. Bagus ini, sejak dini harus ditanamkan,” ungkap Walikota Maidi.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota menjadi saksi bahwa generasi penerusnya memiliki rasa toleransi tinggi. Hal tersebut tergambar pada raut wajah ceria siswa-siswi dari kedua TK, saat bersama-sama bernyanyi dan menari merayakan keberagaman yang ada tanpa memandang latar belakang yang ada.

Baca juga:   Diskominfo Jadi Jujukan Outdoor Learning SDN 05 Madiun Lor

“Agenda ini mendadak. Kunjungan balasan dari TK ABA I ditambah dari Dinas Pendidikan kemarin Senin (13/5) menyampaikan kalau bapak Walikota juga mengunjungi sekolah kami,” kata Kepala Sekolah TK Santo Bernadus Imelda Gurita Ulamsari.

Kesempatan ini, kata dia, merupakan momen luar biasa. Kegiatan ini menjadi wujud nyata bahwa toleransi bukan hanya sebagai bahan pembelajaran, tapi juga ada praktek langsung. Melalui kegiatan ini, nantinya diharap dapat menjadi modal bagaimana mereka akan terjun di masyarakat.

“Kehadiran mereka (TK ABA I) merupakan hadiah bagi kami sekaligus tanda cinta. Ini pertama kalinya kami mendapat kunjungan TK Islam ke sekolah kami. Harapan semoga anak-anak bisa melakukan hal yang sama kedepan secara spontan,” ujarnya.

Acara tersebut diramaikan oleh hiburan barongsai, tarian pincuk pecel, dan juga penampilan angklung dari siswa SDK Santo Bernadus.
(dhevit/kus/madiuntoday)