Maju Ke Tingkat Provinsi, TP PKK Kota Madiun Siap Jadi Juara

SURABAYA – Hari yang ditunggu oleh Tim Penggerak PKK se-Jawa Timur akhirnya tiba. Yakni, lomba Kelurahan Berhasil dan lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK tingkat provinsi. Kota Madiun dalam hal ini diwakili oleh TP PKK Kelurahan Patihan.

Selasa (14/5), TP PKK Kota Madiun mendapatkan giliran untuk menyampaikan paparan di hadapan juri dari Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jatim. Dalam kesempatan itu, mereka juga membawa beberapa produk unggulan. Antara lain, untir-untir, sambel pecel, kacang klici, pisang, krupuk upil, dan tempe.

Selain paparan, kegiatan juga diisi dengan sesi tanya jawab antara juri dan peserta. Secara bergantian Lurah Patihan dan Ketua TP PKK Kelurahan Patihan menjawab pertanyaan yang diajukan juri. Juga, didukung oleh perwakilan masing-masing Pokja.

‘’Mohon doa restunya semoga Kota Madiun berhasil mendapatkan kejuaraan yang terbaik. Sehingga, bisa maju ke tingkat nasional,’’ tutur Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyowati Maidi.

Yuni pun menjelaskan, sebelumnya pihak Kelurahan Patihan telah mengirim risalah ke DPMD Provinsi Jatim pada 18 April 2019. Hasilnya, risalah tersebut berhasil masuk dalam 10 besar terbaik tingkat provinsi.

Pencapaian itupun ditindaklanjuti dengan rapat dan pembinaan bersama Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kota Madiun pada 11 Mei lalu. Walikota Madiun Maidi secara langsung memberikan arahan dan pembinaan kepada peserta. Intinya, agar peserta menyiapkan materi dan menonjolkan keunggulan di daerahnya.

‘’TP PKK Kota Madiun beserta anggota juga secara langsung turun melihat kesiapan dan memberikan bimbingan, arahan, dan petunjuk yang akan disampaikan dalam pemaparan sesuai dengan risalah yang sudah dikirimkan ke DPMD,’’ paparnya.

Baca juga:   Pendekar PSHT Kecelakaan Usai Pendadaran

Berbagai persiapan, mulai dari administrasi, Pokja I hingga IV juga disiapkan dengan matang. Sehingga, dalam paparan hari ini bisa mencapai hasil yang optimal.

Selain lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK, Kota Madiun juga masuk nominasi dalam lomba Kelurahan Berhasil dan Kota Layak Anak (KLA). ‘’Semoga juga mendapatkan hasil yang terbaik, sehingga menambah prestasi Kota Madiun,’’ harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris TP PKK Jatim Dyah Wahyu Ermawati memberikan tanggapan terhadap Kota Madiun. Dia menuturkan, gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga semua kegiatan wajib mengacu kepada Keppres Nomor 99 Tahun 2017.

‘’Semua kegiatan atau inovasi harus mempunyai payung hukum dan dibuatkan SK dari Pak Lurah,’’ terangnya.

Selain itu, dia juga mengimbau agar program Panca Karya yang telah dicanangkan oleh Walikota Madiun Maidi segera ditindaklanjuti oleh OPD. Terutama, hal-hal yang berkaitan dengan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

Tak hanya itu, Ketua TP PKK Jatim juga mengapresiasi kesenian dan kebudayaan di Kota Madiun yang terus dilestarikan dan dikembangkan. Salah satunya, kerajinan batik. ‘’Di Kota Madiun, batik khas sudah ada di masing-masing kelurahan. Ini bagus dan harus terus ditingkatkan,’’ tandasnya. (TP PKK Kota Madiun/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019