Jelang Lebaran, Wawali Bagi Tips Belanja Bijak

Di Posting Oleh madiuntoday

15 Mei 2019

MADIUN – Berbelanja kebutuhan Lebaran memang sudah membudaya di Indonesia. Mulai dari sembako, kue, hingga pakaian. Seringkali hal ini dilakukan tanpa kontrol. Sehingga, pengeluaran membesar. Bahkan, tak sedikit barang belanjaan mubazir karena terlalu banyak membeli.

Untuk menghindari hal tersebut, Wakil Walikota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri berbagi tips agar masyarakat bisa berbelanja dengan lebih bijak. Yakni, dengan memilah barang-barang yang akan dibeli.

‘’Tentukan barang sesuai kebutuhan,’’ tuturnya saat ditemui setelah mengikuti Rapat Koordinasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Sun Hotel Madiun, Rabu (15/5).

Menurut Wawali, hal utama yang penting dilakukan adalah menahan diri. Juga, menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah. Agar tidak terjadi pemborosan. ‘’Sehingga, bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain,’’ imbuhnya.

Wawali juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan penimbunan. Terutama, terhadap bahan-bahan kebutuhan pokok. Sebab, hal tersebut juga beresiko mengurangi stok di pasaran. Jika stok kurang sementara permintaan terus meningkat, akan menyebabkan kenaikan harga di pasaran.

‘’’Usahakan sesuai kebutuhan. Misalnya bumbu dapur, jangan berlebihan sampai ada yang tidak terpakai,’’ ujarnya.

Saat ini, tingkat inflasi di Kota Madiun cukup stabil. Harga kebutuhan pokok juga tidak ada kenaikan signifikan. Meski begitu, masyarakat diminta untuk tetap mengantisipasi hal tersebut. ‘’Pemkot bersama tim terkait juga terus mengupayakan agar tidak terjadi lonjakan harga yang tinggi menjelang Lebaran,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019

Artikel Terkait

Ikut Jaga Lingkungan, Warga Turut Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Ikut Jaga Lingkungan, Warga Turut Lakukan Penyemprotan Disinfektan

MADIUN – Penanggulangan penyebaran virus Covid-19 butuh penanganan bersama. Termasuk peran serta masyarakat. Seperti yang terlihat warga di RT 4 RW 001 Kelurahan Klegen, Kartoharjo dan warga RT 32 RW 008 Kelurahan Mojorejo, Taman Kota Madiun ini. Warga secara mandiri...

Tentara Cegah Korona

Tentara Cegah Korona

Puluhan anggota KODIM 0803 Madiun berjemur pada pukul 10.00 WIB untuk mencegah Covid-19 di halaman mako, 30/03/2020. Sinar matahari membantu...

Cek Akses Masuk, Walikota Waspadai Orang Luar yang Masuk Kota Madiun

Cek Akses Masuk, Walikota Waspadai Orang Luar yang Masuk Kota Madiun

MADIUN – Masyarakat Kota Madiun warga yang sehat. Terbukti, Kota Madiun masih zero Korona (Covid-19) sampai saat ini. Hal itu wajib terus dipertahankan. Karenanya, berbagai upaya terus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Salah satunya, pembatasan akses...

Don`t copy text!