Rela Panas-Panasan Demi Tukar Angpau Untuk Lebaran

MADIUN- Meski Idul Fitri masih hitungan minggu, namun antusiasme masyarakat dalam menyambut datangnya hari raya sudah terasa, Rabu (15/5) Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kediri membuka layanan mobil kas keliling penukaran uang tunai layak edar. Dengan tujuan memenuhi kebutuhan uang pecahan dari dua ribu rupiah hingga lima puluh ribu rupiah.

Terlihat antrian mengular sedari pukul 14.30 di Alun-alun Kota Madiun. Saat matahari sedang terik-teriknya, ratusan orang tersebut rela berdesakan demi mendapatkan uang pecahan yang akan digunakannya nanti saat lebaran tiba. Sedikitnya lima bank di Kota Pecel memarkirkan mobil kas kelilingnya berjejeran, guna melayani penukaran uang tersebut.

“Sengaja kesini buat menukarkan uang 3,7 juta biar jadi pecahan,” ujar Riska Ayu Andira yang mengaku baru pertama kali antri untuk menggunakan layanan mobil kas keliling untuk menukarkan uangnya.

“Ya panas, tapi karena sudah dibatasi nominal yang ditukarkan dan sudah dipack uang pecahannya jadi pelayanannya cepet,” akunya.

Baca juga:   Pemkot - PG Rejo Agung Baru Sinergikan Program Bagi Masyarakat

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kediri Musni Hadi Kasuma Atmaja mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan semaksimal mungkin guna mencukupi kebutuhan uang layak edar di Kota Madiun.

“Layanan kas keliling BI hanya hari ini saja. Kami sudah menyiapkan kurang lebih 6,1 Triliun untuk memenuhi kebutuhan uang di Kediri dan Madiun sekitarnya. Khusus untuk kota ini, paling tidak kebutuhannya sekitar 4,5M sampai 5M,” ujarnya.

Untuk hari ini, kata dia, tiap orang yang sudah menukarkan uangnya di layanan mobil kas keliling, diberikan tanda tinta di jarinya. Hal tersebut sebagai bukti bahwa dia telah menukarkan uang dan tidak diperbolehkan lagi menukar.

“Hal ini untuk mengantisipasi biar uang yang beredar itu rata dan tidak disalah gunakan,”tandasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)