MADIUN- Inovasi yang terintegrasi. Itulah yang menggambarkan pelayanan publik di bidang kesehatan yang ada di Kota Madiun. Melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes-KB) Kota Madiun, pengisian kartu kembang anak (KKA) sekarang bisa selesai dengan klik-klik saja.

Ya. Hal ini dimungkinkan karena Dinkes-KB baru saja melaunching aplikasi E-Bundahebat. Yakni sebuah aplikasi yang dapat memudahkan orang tua untuk memantau perkembangan anak melalui pengisian KKA. Kepala Dinkes-KB dr. Agung Sulistya Wardani menjelaskan, KKA berfungsi sebagai alat deteksi dini kelainan yang mungkin terjadi pada balita.

“E-Bundahebat ini adalah sebuah solusi, pasalnya selama ini pengisian KKA di Kota Madiun masih 40 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Dinkes-KB Wardani menjelaskan, melalui pengisian KKA yang rutin tiap satu bulan sekali ini, orang tua dapat memantau secara langsung tumbuh kembang anak lewat rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional, dan moral.

Aplikasi yang pembuatannya digawangi oleh Kasi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Dinkes-KB Anna Wijayanti ini, sebelumnya telah diuji coba di setiap kecamatan dengan langsung melibatkan kader dan orang tua.

Baca juga:   Semangat Lansia Karang Werda yang Menggelora Kendati Usia Tak Lagi Muda

“Aplikasi ini sekaligus juga bisa membantu kader untuk mengetahui perkembangan balita dan untuk penyuluhan terkait perkembangan yang lebih cepat,” ujarnya.

Aplikasi E-Bundahebat dapat diunduh melalui laman website dinkes.madiun.go.id. dan dapat digunakan bagi pengguna android. (Dinkes-KB/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019