Doa Orang Tua Antarkan Yogi Prasetyo Raih Nilai UNBK Tertinggi SMK Tingkat Kota/Kabupaten

MADIUN- Ungkapan usaha tak akan menghianati hasil memang bukan isapan jempol belaka. Ini terjadi pada diri Yogi Prasetyo. Siswa SMK Gula Rajawali yang berhasil meraih nilai tertinggi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK tingkat Kota/Kabupaten Madiun dengan total nilai 358,50.

Prestasinya kali ini bukan lewat perjuangan yang instan. Yogi mengatakan sebelum pelaksanaan UNBK,  setiap hari dirinya selalu menghabiskan waktunya dengan belajar. Pemuda 18 tahun tersebut mengaku, sebagai anak tunggal dia bingung menghabiskan waktu dirumah untuk apa, maka dari itu dia lebih memilih untuk menghabiskannya dengan melahap buku-buku pelajaran yang ada.

“Biasanya pulang sekolah jam 15.00. Kalau pengen belajar ya saya lanjut belajar, tapi kalau malas ya saya tidur. Baru lanjut belajar lagi malam harinya. Tapi kalau nggak niat belajar lagi ya baru dini hari saya lanjutkan sambil shalat tahajud,” ujar siswa yang menyukai pelajaran matematika ini.

Meraih posisi pertama pada UNBK kali ini bukan menjadi prioritas Yogi. Pemuda asal Desa Sangen, Kecamatan Geger Kabupaten Madiun ini hanya mentarget dirinya bisa lulus dengan nilai yang memuaskan dan bisa membanggakan kedua orangtuanya.

“Bapak buruh lepas, ibu bekerja dirumah. Selama ini mereka memotivasi saya untuk bisa lebih maju dari mereka berdua. Motivasi itu yang membuat saya ingin mengangkat derajat orangtua saya,” ungkapnya.

Baca juga:   Kisah Sri Wuryanti, Pengrajin Rajut Jempolan Asal Kota Madiun

Pemuda yang mengambil jurusan kimia industri ini sejak kecil hanya bisa melihat melalui satu mata yakni sebelah kanan saja. Meski begitu, hal tersebut tak menghalangi langkahnya untuk terus berprestasi. Terbukti telah banyak prestasi yang diraihnya selama sekolah.

Diantaranya adalah menjadi peraih bronze medal dalam ajang Indonesia Science Festival 2017 dan menjadi finalis LKIR se Jawa-Bali di SMA 2 Nganjuk pada 2018 yang lalu.

Kepala Sekolah SMK Gula Rajawali Suparmanu mengatakan, hasil yang didapatkan siswanya ini tentu sangat membanggakan bagi sekolah. Dia mengatakan, Yogi memang siswa yang ulet dan telaten mengajari teman-teman lainnya jika mengalami kesulitan dalam pelajaran.

“Memang Yogi ini anaknya aktif dan ulet. Ketekunannya patut dicontoh teman-teman lainnya,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi atas capaian prestasi anak didiknya. Sekolah memberikan uang pembinaan dan beasiswa ke perguruan tinggi hingga lulus. Tak hanya itu, nantinya setelah tamat kuliah Yogi akan langsung diterima bekerja di PG Rejo Agung Baru. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019