Matangkan Ramadan Fest Tahun Ini, Ketua TP PKK Pimpin Langsung Rapat Koordinasi

MADIUN – Ramadan Fest bakal kembali digelar di Kota Madiun. Berbagai persiapan terus dilakukan demi kelancaran kegiatan yang direncanakan 24-27 Mei nanti itu. Salah satunya, rapat koordinasi dan Technical meeting yang berlangsung di studio Radio Suara Madiun, Jumat (17/5). Rapat dipimpin langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi S.Pd M.Pd.

Kegiatan memang kolaborasi PKK dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun. Ramadan Fest kali ini dipastikan bakal berlangsung seru. Berbagai kegiatan mengemuka. Mulai Bazar Takjil Ramadan hingga Festival Hadroh. Festival ini juga dilombakan. Setidaknya sudah terdapat sembilan tim Kelurahan perwakilan dari tiga Kecamatan yang bakal meramaikan festival hadroh kali ini.

‘’Kegiatan tidak hanya meramaikan bulan suci Ramadan, tetapi juga untuk melestarikan kesenian hadroh,’’ kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi.

Lomba hadroh, kata dia, bakal dibagi dalam tiga grup per Kecamatan. Penyisihan dijadwalkan tiga hari mulai 24 hingga 26 Mei. Sedang, babak final dijadwalkan 27 Mei. Kegiatan bakal berlangsung di Alun-alun Kota Madiun. Yuni menambahkan kegiatan merupakan salah satu program kegiatan Pokja 1 TP PKK. Pihaknya, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfo yang telah memfasilitasi lomba hadroh melalui Ramadan Fest. Dia berharap peserta tidak menyewa pemain hadroh professional. Namun, memanfaatkan pemain lokal masing-masing. Sebab, kegiatan lomba juga sekaligus pembibitan seni hadroh.

Baca juga:   Peringati Hari Koperasi, Walikota Dorong Partisipasi Tingkatkan Ekonomi Kreatif

‘’Jangan ngebon pemain. Ini juga sebagai ajang pembibitan dan pengkaderan. Kalau ketahuan nanti akan ada pengurangan poin nilai,’’ tegasnya.

Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun Subakri menyebut Ramadan Fest ini merupakan kegiatan kali kedua. Subakri menyebut kegiatan bakal dirutinkan saban tahun. Bazar takjil digelar untuk meramaikan festival hadroh. Kegiatan bazar dimulai 23 Mei dan ditutup 27 Mei berbarengan dengan final festival hadroh. Selain itu, juga terdapat 500 takjil gratis yang akan dibagikan oleh Walikota bersama Forum KIM Kota Madiun kepada masyarakat saat penutupan kegiatan.

‘’Kegiatan ini dipastikan akan berlangsung seru. Jangan sampai dilewatkan,’’ ungkapnya sembari menyebut kegiatan ini juga sarana edukasi ketentuan cukai. (agi/diskominfo)