Menuju Penilaian Nasional, Walikota Imbau TK Pembina Tampil Maksimal

MADIUN – Tinggal selangkah lagi upaya yang harus ditempuh TK Negeri Pembina untuk menjadi juara nasional dalam Lomba Sekolah Sehat (LHS). Ini setelah lembaga pendidikan di Kota Madiun itu terpilih sebagai perwakilan Provinsi Jawa Timur untuk maju ke taraf yang lebih tinggi.

Penilaian LHS diperkirakan akan berlangsung pada Juni mendatang. Karenanya, berbagai persiapan harus segera dimatangkan. Untuk itu, Walikota Madiun Maidi pun turut memantau sejauh mana persiapan yang telah dilakukan.

‘’Ini sudah tingkat nasional. Tidak boleh setengah-setengah. Semua OPD saya minta membantu untuk mempersiapkan TK Negeri Pembina sebelum penilaian,’’ tuturnya saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Pembinaan UKS TK Negeri Pembina di sekolah tersebut, Jumat (17/5).

Pada kesempatan itu, sebagian pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Madiun juga hadir. Walikota lantas membagi tugas. Misalnya, Dinas Perkim diminta memotong ranting pohon dan memperbaiki bangunan sekolah, Dinas PU membantu pengecatan, serta Dinas Pendidikan memantau materi yang menjadi kebutuhan lomba.

Walikota berharap, kerjasama yang baik antar instansi ini dapat mengantarkan TK Negeri Pembina untuk meraih piala LHS tahun ini. ‘’Kalau menang, dampaknya terhadap kota akan besar. Semakin banyak yang datang ke Kota Madiun,’’ ujarnya.

LHS tidak hanya bertujuan untuk menyediakan lingkungan sekolah yang sehat. Tapi, juga dapat diimplementasikan ke masyarakat. Sehingga, menjadikan lingkungan di daerah tersebut semakin nyaman.

Baca juga:   Kunker Kelurahan Kanigoro, Walikota Ingatkan Pentingnya Transparansi Informasi Pembangunan

‘’Harapan kami, tentunya anak-anak kita nanti bisa menjalani pola hidup sehat dan bisa menularkannya ke orang-orang di sekitarnya,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Heri Wasana.

Sebelumnya, Kota Madiun mengirimkan tiga sekolah untuk mengikuti LHS tingkat Provinsi Jatim. Selain TK Negeri Pembina, ada SDN Patihan dan SMPN 4 Madiun. Namun, hanya TK Negeri Pembina yang terpilih mewakili Jatim ke tingkat nasional.

Sebagai sekolah yang terpilih, Pemprov Jatim pun telah memberikan rekomendasi untuk optimalisasi sekolah. Hal ini disampaikan kepada Kepala TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Marsining Rahayu. ‘’Mulai dari gapura, ruang UKS, perpustakaan, pencahayaan, serta kebersihan menjadi perhatian provinsi,’’ ungkapnya.

Marsining menuturkan, sebagian rekomendasi pemprov telah dilaksanakan oleh pihak sekolah. Seperti menambah pencahayaan pada ruangan-ruangan tertentu, menyediakan ruang UKS yang lebih layak, serta kebersihan lingkungan.

Meski demikian, masih ada beberapa hal lainnya yang masih belum terlaksana. Karena itu, dia meminta kerjasama dari berbagai pihak demi kelancaran penilaian LHS nanti. ‘’Semoga bisa membawa pulang piala pemenang dan mengharumkan nama Kota Madiun,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/ayu/diskominfo)