MADIUN – Upaya menjalin kondusifitas terus dilakukan di Kota Madiun. Apalagi, menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019 yang tinggal menghitung hari. Berbagai pihak terus mengupayakan kondusifitas tersebut. Tak terkecuali Komando Resort Militer (Korem) 081 Dhirotsaha Jaya. Korem yang bermarkas di Kota Madiun ini menggelar silaturahmi dan buka puasa bersama Forum komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-eks Karisidenan Madiun, Sabtu (18/5).

Walikota Madiun Maidi mengapresiasi kegiatan Korem 081 tersebut. Kota Madiun sejatinya cukup kondusif. Namun, bukan berarti waktunya berleha. Sebaliknya, kewaspadaan wajib terus dijaga. Apalagi, satu tahapan krusial Pemilu 2019 bakal dilewati. Yakni, pengumuman hasil Pemilu, Rabu 22 mendatang. Kondusifitas tentu jadi ancaman kendati optimis Kota Madiun bakal aman. Tak heran, berbagai pembahasan terkait keamanan mengemuka di sela silaturahmi.

“Pengumuman hasil Pemilu sudah dekat. Pastinya ada pihak yang kalah dan menang. Kami tentunya tidak menginginkan adanya gesekan. Kegiatan ini salah satu upaya untuk mewujudkan kondusifitas Kota Madiun sebelum, saat, dan sesudah Pemilu. Apresiasi kepada Danrem yang sudah memfasilitasi kegiatan ini,” kata Walikota Maidi.

Walikota menghimbau masyarakat untuk selalu mengedepakan kondusifitas apapun hasil Pemilu nanti. Walikota optimis hal itu dapat terwujud di Kota Madiun. Apalagi, masyarakat sudah cukup dewasa dalam berdemokrasi. Terbukti dari gelaran Pemilu sebelumnya termasuk Pilkada 2018 lalu. Nyaris tidak ada gesekan berarti. Capaian apik ini harus terus dijaga. Namun, tentu butuh peran serta seluruh elemen masyarakat.

Baca juga:   Jambore Kader Taman Posyandu Sarana Tingkatkan Generasi Unggul dan Bermutu

“Tanpa partisipasi masyarakat, tentu kondusifitas ini sulit terwujud. Sebaliknya, tatkala masyarakat sudah turut serta, optimis Kota Madiun aman, damai, dan kondusif,” imbuhnya sembari menyebut kegiatan bakal digelar rutin.

Komandan Resort Militer 081 Dhirotsaha Jaya Kolonel Infanteri Masduki menyebut kondisi di wilayah mataraman terpantau kondusif sampai saat ini. Namun, tentu terus harus dijaga. Silaturahmi, kata dia, sebagai salah satu upaya menjaga keamanan dan ketertiban tersebut. Masduki tak menampik Kota dan Kabupaten Madiun memiliki perguruan pencak silat yang luar biasa besar. Ini tentu menjadi perhatian tersendiri. Namun, pihaknya optimis semua dapat berjalan kondusif.

“Sesuai instruksi pimpinan, kondusifitas harus menjadi prioritas. Dengan peran kita bersama optimis kondusifitas dapat terus dijaga,” ujarnya. (ws hendro/hesti/diskominfo)