Upacara dipimpin langsung Walikota Madiun Maidi. Selaku inspektur, Maidi membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudi Antara. (wshendro - diskominfo)

MADIUN – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati setiap 20 Mei. Harkitnas ke-111 ini mengambil tema ‘Bangkit Untuk Bersatu’. Seluruh masyarakat di tanah air memperingatinya. Begitu juga dengan Pemerintah Kota Madiun yang melaksanakan upacara di halaman Balai Kota Madiun, Senin (20/5).

Upacara dipimpin langsung Walikota Madiun Maidi. Selaku inspektur, Maidi membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudi Antara. Menurutnya, kebangkitan untuk bersatu sudah diajarkan Patih Gajah Mada dalam sumpah Amukti Palapanya. Ini harus menjadi tuntunan sekaligus semangat tersendiri untuk terus maju dan berkembang demi tanah air.

111 tahun yang lalu, organisasi Boedi Oetomo berdiri. Menjadi catatan sejarah bangsa Indonesia. Organisasi Boedi Oetomo menjadi tonggak kebangkitan bangsa. Tak heran, berdirinya Boedi Oetomo diperingati sebagai Harkitnas.

‘’Kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Ini menjadi penting karena persatuan merupakan tujuan dan semangat kebangkitan yang cita-citakan para pendahulu,” kata Walikota dihadapan peserta upacara.

Gotong royong, lanjut walikota, merupakan inti nilai-nilai Pancasila. Pancasila ini diperas ke dalam tiga sila menurut bapak Proklamator. Bahkan menjadi satu (sila) tunggal. Yakni, gotong royong.

Baca juga:   Informasi SKB Sudah Keluar, Ini Jadwal dan Lokasinya…

“Maka yang menjadi intinya inti adalah gotong-royong. Ini harus terus membudaya,” ujar walikota.

Walikota Maidi sepakat menerapkan kegotong-royongan dalam birokrasi dipemerintahannya. Menurutnya kegotong-royongan adalah kemutlakan yang tidak dapat diniscayakan. Tidak ada pekerjaan di birokrasi tanpa dilandasi kegotong-royongan.

“Jadi kegotong-royongan dan kebersamaan itu mutlak untuk wujudkan sesuatu yang baik,” ungkap Walikota usai upacara.

Menurutnya, di setiap program kegiatan Pemkot dilakukan wajib dilakukan dengan gotong royong. Walikota mengajak kepada semua pejabat di Pemkot Madiun selalu bergotong royong dan kebersamaan.

‘’Kegotong-royongan di dalam pemerintahan biasa disebut dengan koordinasi. Ini penting untuk terus ditingkatkan,” ungkapnya.

Upacara peringatan Harkitnas ke-111 dihadiri Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu, Komandan Kodim 0803 Letnan Kolonel Czi Nur Alam Sucipto, dan pewakilan Forkopimda Kota Madiun. (ws hendro/adit/diskominfo)