Cara Mudah Cegah Dehidrasi Saat Puasa

MADIUN- Merasa haus saat berpuasa terkadang memang tak dapat terelakkan. Apalagi jika cuaca sedang terik dan panas. Sebenarnya mudah merasa haus adalah tanda-tanda dari dehidrasi lho. Saat puasa, memang akan lebih mudah dehidrasi karena asupan air minum yang masuk ke tubuh cenderung lebih sedikit dibanding hari biasanya.

Menurut National Academy of Science Institute of Medicie. Total air yang ada dalam tubuh mencapai 60 persen. Beberapa fungsi krusial air dalam tubuh adalah membawa nutrisi ke sel-sel, mengeluarkan “limbah” dari tubuh. Sehingga berperan dalam proses pernapasan dan metabolisme energi.

Untuk mengatasi masalah dehidrasi bukan dengan serta merta minum air putih dalam jumlah yang banyak. Karena minum terlalu banyak dapat menimbulkan masalah lain, seperti menganggu elektrolit tubuh yang tugasnya mengirimkan “pesan” saraf sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Kabar baiknya, ternyata bukan perkara yang sulit untuk menemukan jumlah asupan air yang tepat untuk tubuh. Yakni dengan cara tetap minum air putih sebanyak delapan gelas sehari.

Pembagiannya adalah, saat sahur minumlah sedikitnya dua gelas air putih dan habiskan satu sampai dua gelas air setiap jam sesaat setelah berbuka puasa. Dianjurkan bagi kalian hang mengkonsumsi kafein atau minuman manis untuk lebih banyak meminum air putih.

Baca juga:   Pendataan KIS Masih Berlanjut

Selain itu, asupan makanan yang masuk dalam tubuh juga harus dijaga lho. Apa yang dikonsumsi akan memberikan dampak yang besar terhadap hidrasi tubuh. Perbanyak asupan sayur dan buah-buahan. Selain itu, makanan yang terlalu bergaram, bergula, atau pedas akan membuat kalian cepat haus.

Cara simpel terakhir yang harus dilakukan adalah dengan mandi atau membilas wajah dengan air dingin. Bila kalian mengalami gejala bibir pecah-pecah, kulit merah, kepala pusing, dan deg-degan. Itu adalah pertanda dehidrasi. Bilas muka dengan air dingin dapat menurunkan temperatur tinggi pada tubuh. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019