MADIUN – Pemkot Madiun telah mempersiapkan diri menjadi Kota Ramah Lansia (lanjut usia). Berbagai program dijalankan mulai dari fasilitas, pelatihan, hingga layanan kesehatan.

Upaya itu rupanya mendapatkan respon positif dari Pemprov Jawa Timur. Hingga memasukkan Kota Madiun sebagai lima besar terbaik Kota Layak Lansia tingkat provinsi.

Selasa (21/5), tim juri dari Pemprov Jatim melakukan verifikasi lapangan di Kota Madiun. Tujuannya, untuk mengetahui tingkat kesiapan Kota Madiun sebagai Kota Layak Lansia.

Kedatangan tim juri disambut oleh Wakil Walikota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri di ruang transit Balaikota Madiun. Beserta, Sekretaris Daerah Kota Madiun dan pimpinan OPD terkait.

“Tentu kami berharap Kota Madiun bisa memenangkan penghargaan ini. Tapi jika tidak, ini bisa menjadi bahan evaluasi ke depan agar lebih baik lagi,” tutur Inda.

Baca juga:   Walikota Imbau OPD Siap Terima Efek TOL Trans Jawa dan Double Track Railway

Setelah pertemuan sekitar 15 menit di balaikota, Wawali melepas rombongan tim juri menuju lokasi penilaian. Yakni, di Jalan Jalak Kota Madiun.

Sementara itu, Ketua Komda Lansia Provinsi Jatim Dr Edy Purwinarto menuturkan bahwa Kota Madiun telah mencapai prestasi yang terbaik. Dia berharap hal ini juga diikuti oleh wilayah lainnya. “Sehingga, menjadikan Jatim sebagai Provinsi Layak Lansia,” ujarnya.

Edy pun mengapresiasi hal-hal yang telah dilakukan oleh pemkot bagi lansia. “Semua sudah baik. Tinggal nanti bagaimana hasil penilaiannya,” tandasnya. (Luki/irs/ayu/diskominfo)