MADIUN- Kursi kepemimpinan Dewan Kesenian Madiun (DKM) telah lama kosong, tepatnya sejak 2017 yang lalu. Tak ingin berlama-lama dengan kekosongan kepemimpinan, pada hari Rabu (22/5) DKM mengadakan sarasehan seni budaya yang bertujuan untuk mencari figur pemimpin baru.

Walikota Maidi mengapresiasi langkah yang diambil DKM, bekerjasama dengan LSM Pedal dan Komunitas Peduli Kesenian (KPK). Dalam sambutannya, Walikota mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta sarasehan.

“Terima kasih bisa berkumpul semua disini. Saya berharap kegiatan ini bukan acara formalitas semata. Kalau itu masalah kebudayaan, maka semuanya harus ikut serta,” tegasnya.

Mengingat, lanjutnya, seni dan budaya termasuk ke dalam salah satu dari 33 program unggulan MADA. Lebih lanjut walikota mengimbau kepada Sekda dan OPD terkait yakni Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) untuk segera menindaklanjuti masukan-masukan yang lahir dari forum ini.

“Saya ingin semua masyarakat ikut serta. Program-program pemda untuk masyarakat sejahtera harus diwujudkan bersama. Kalau kepengurusan dewan kesenian terbentuk, maka harus bersama-sama bergerak mengembangkan inovasi dan kreasi dalam bidang seni dan budaya,” jelasnya.

Baca juga:   Ditetapkan KPUD, Maidi Ajak Masyarakat Songsong Masa Depan

Dalam kesempatan yang sama, Agus Usmaryono selaku perwakilan dari Komunitas Peduli Kesenian (KPK) Kota Madiun mengatakan, selaku bentuk kepedulian, pihaknya melaksanakan sarasehan seni budaya ini.

“Kami bukan hanya mencari pemimpin, tapi kami mencari figur yang mampu memimpin dan membimbing DKM ke arah yang lebih baik,” tandasnya.

Sebagai informasi, untuk mewadahi pelaku seni di Kota Madiun. Pada Juni nanti, pemkot akan menyediakan ruang terbuka bagi seniman-seniman Kota Karismatik untuk unjuk kebolehannya di Alun-alun Kota Madiun tiap malam minggunya.

Harapannya program yang dijalankan mampu memberi kesempatan dan ruang bagi para pelaku seni untuk saling berekspresi menumbuhkan potensi-potensi seni dan budaya yang ada di Kota Madiun. (luki/ayu/kus/diskominfo)