MADIUN – Safari Ramadan Salat Jumat Walikota Madiun Maidi kali ini terasa istimewa. Bagaimana tidak, bertepatan dengan 17 Ramadan atau Nuzulul Quran. Selain itu, tepat empat tahun dibangunnya Masjid Al Kamal Jalan Mangku Prajan Kelurahan Demangan yang menjadi lokasi Safari Ramadan, Jumat (24/5).

“Hari ini genap empat tahun Masjid Al Kamal. Dibangun 2015, masjid diresmikan Walikota Madiun kala itu dan disaksikan bapak walikota sekarang ketika masih menjabat sekda,” tutur Ketua Takmir Masjid Al Kamal Sutoyo.

Sutoyo menambahkan meskipun baru empat tahun namun perkembangan masjid cukup luar biasa. Jamaah yang datang cukup banyak. Bahkan, bangunan ditambah satu lantai untuk menampung jamaah tahun lalu. Masjid Al Kamal merupakan hibah dari pengusaha setempat. Masjid dibangun megah dan ramah untuk lanjut usia. Desain bangunan dengan didukung fasilitas penunjang yang memanjakan jamaah lansia. Seperti jalan untuk kursi roda dan pegangan untuk berjalan. Selain itu, disediakan kursi untuk lansia yang kesulitan salat berdiri. Sutoyo menegaskan Masjid Al Kamal siap jika menjadi salah satu titik tinjau lapangan untuk mendukung Kota Madiun ramah lansia.

“Fasilitasnya sudah cukup lengkap. Bisa digunakan pemkot untuk mendukung penilaian Kota Ramah Lansia,” katanya.

Baca juga:   Sapa Warga Kelurahan Demangan, Walikota Imbau Masyarakat Jaga Keamanan Ligkungkan

Walikota Madiun Maidi mengapresiasi upaya masyarakat dalam memakmurkan Masjid Al Kamal. Masjid memiliki jamaah yang selalu bertambah. Masjid dibangun megah untuk masyarakat lingkungan Jalan Mangku Prajan dan sekitarnya.

“Saya tahu persis perjuangan Sudoko (dermawan penghibah masjid) dari awal sampai menghibahkan masjid ini sungguh luar biasa,” ungkap Walikota.

Selanjutnya, Walikota Madiun mengingatkan aktifitas ibu-ibu menjelang lebaran. Diharapkan, jamaah mampu mengendalikan ibu ataupun istri di rumah untuk berbelanja dengan bijak. Menjelang lebaran biasanga masyarakat tidak panik dalam membeli kebutuhan. Ini bisa berimambas naiknya harga kebutuhan di pasar.

“Menyambut Idul Fitri, belanja secukupnya. Tidak usah khawatir, gudang kita penuh dan mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Madiun,” ungkap Walikota Maidi.

Tak lupa, walikota berterima kasih kepada jamaah karena ikut berpartisipasi pada Pilkada dan Pemilu kemarin. Terutama dalam berpartisipasi menjaga kondusifitas dan toleransi untuk menjaga persatuan menjadikan Kota Madiun aman dan damai.

Terakhir, walikota berharap kemakmuran masjid terus dijaga dan lahir Sudoko-Sudoko lain yang menginspirasi masyarakat Kota Madiun.

“Untuk yang membangun, yang merawat, dan jamaah masjid semoga diberi kesehatan sehingga kemakmuran masjid terus ditingkatkan,” pungkasnya. (nurdiono/adit/diskominfo)