MADIUN – Libur Hari Raya Idul Fitri 1.440 Hijriyah hampir usai. Para pemudik pun mulai kembali ke perantauan. Salah satunya seperti tampak di Stasiun Besar Madiun, Jumat (7/6).

Ratusan penumpang memanfaatkan KA Madiun Tambahan Extra Lebaran (Mantab) untuk kembali ke perantauan. Hal ini otomatis membuat suasana stasiun penuh dipadati calon penumpang.

Walikota Madiun Maidi pun berkesempatan menyapa pemudik sebelum balik dengan KA. Bahkan, mantan Sekda Madiun itu juga memberangkatkan KA Mantab pada pukul 14.30 dengan didampingi oleh Vice President Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo.

“Hari ini H+1 masa arus balik, antusias masyarakat luar biasa. PT KAI dalam memenuhi permintaan penumpang juga luar biasa,” ujarnya.

KA Mantab merupakan KA tambahan extra untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi. PT KAI menambahkan perjalanan KA khusus relasi Pasarsenen – Madiun PP yang dijalankan mulai tanggal 1 – 9 Juni 2019.

Dengan permintaan penumpang yang tinggi, maka per hari ini stamformasi KA Mantab yang semula 9 kereta kelas bisnis dan 1 kereta makan, ditambah 1 kereta lagi
Yakni, menjadi 10 kereta kelas bisnis dengan 1 kereta makan. Jumlah penumpang 392 orang atau terisi 98 persen dari 640 total seat yang tersedia. Selebihnya yang 2 persen diisi penumpang stasiun lainnya.

Baca juga:   Terbukti Profesional, Wawali Ajak Masyarakat Salurkan Zakat Melalui Baznas Kota Madiun

Atas penambahan itu, Walikota pun menyampaikan apresiasi kepada PT KAI. Sehingga, kebutuhan seluruh penumpang dapat terakomodasi dengan baik. “Harapannya, semua berjalan lancar dan masyarakat bisa kembali ke perantauan dengan sehat dan selamat,” tuturnya.

Sementara itu, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko menjelaskan bahwa selama masa mudik rata-rata dalam sehari penumpang yang turun di Daop 7 mencapai 32.881 orang. Sedangkan, untuk Stasiun Madiun sendiri sebanyak 8.177 orang. Kemudian, penumpang yang berangkat dari Daop 7 rata-rata per hari sekitar 21.690 orang. 3.775 orang di antaranya dari Stasiun Madiun.

Secara umum, arus mudik dari tanggal 26 Mei hingga 6 Juni 2019 volume tertinggi sebanyak 21.139 orang terjadi pada tanggal 6 Juni 2019 (H2 Lebaran). Untuk volume kedatangan tiap stasiun, tertinggi adalah Stasiun besar Madiun sebanyak 5.129 orang, berikutnya Blitar sebanyak 2.628, Kediri sejumlah 2.067 orang dan terakhir Stasiun Tulungagung sebanyak 2.215 orang. (WS Hendro/irs/diskominfo)