Raup Berkah di Setiap Lebaran Ketupat

MADIUN- Masyarakat Indonesia umumnya mengenal dua kali pelaksanaan dalam lebaran yakni Idul Fitri dan lebaran ketupat. Sebagaimana yang diketahui bersama, Idul Fitri dilaksanakan tepat pada tanggal 1 Syawal, sedangkan lebaran ketupat dilaksanakan satu minggu setelahnya, yaitu pada hari ke delapan di bulan Syawal, tepatnya pada hari ini Selasa (11/6).

Di Kota Madiun sendiri, tradisi lebaran ketupat masih terus digaungkan keberadaannya oleh sebagian masyarakat. Dengan memasak ketupat lengkap dengan sajian opornya.

Di sisi lainnya, tradisi kupatan menjadi berkah tersendiri bagi warga untuk menjadi pedagang ketupat musiman. Seperti yang terlihat di sebelah timur Pasar Sleko Kota Madiun. Tampak belasan pedagang ketupat yang menggelar dagangannya di sepanjang bahu jalan di dalam kawasan pasar.

Salah satunya adalah Andriani. Terhitung tahun ini merupakan tahun keempatnya menjajakan blarak dan janur, daun kelapa yang dijadikan sebagai kulit untuk membuat ketupat.

“Ini semua yang ada disini satu desa, saya dari Tegalarum, lainnya beda kecamatan gitu. Memang tiap tahun jadi pedagang ketupat musiman,” ujarnya.

Baca juga:   Semarak Apel Hari Santri di Kota Madiun

Perempuan 26 tahun itu mengaku sudah bisa menganyam janur menjadi ketupat sejak usia belasan. Dalam sehari dirinya bisa menganyam ratusan anyaman ketupat dari janur.

“400 ketupat bisa saya anyam. Jualnya kisaran harga Rp 10.000 hingga Rp 15.000, satu bendel ketupat ini,” ungkapnya.

Andriani mengatakan sudah berjualan di Pasar Sleko sejak h-2 lebaran dan terakhir berjualan hari ini. Dirinya mengaku mampu meraup untung ratusan ribu rupiah per harinya.

“Alhamdulillah, peminatnya masih banyak. Kami ini berjualan sekaligus ya meneruskan tradisi kupatan,” pungkasnya. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019