Tidak Lebar-an Setelah Lebaran? Perhatikan Hal Berikut Ini

MADIUN- Lebaran merupakan hari kemenangan bagi umat Islam. Setelah satu bulan menjalani ibadah puasa, pada hari tersebut biasanya setiap keluarga menyajikan menu khas Lebaran, seperti opor ayam, rendang daging, semur daging, bermacam jajanan dan banyak makanan lezat lainnya.

Melihat banyak makanan tersebut tentunya sangat menggugah selera. Rasanya ingin menghabiskan semuanya. Tapi ingat, jangan kalap untuk menyantap semua sajian lezat yang ada. Karena makanan yang dimakan saat lebaran cenderung makanan yang tinggi lemak san gula yang membuat kalori yang masuk ke tubuh menjadi berlebihan.

Meskipun makanan yang ada tak dapat dihindari, kita bisa memperhatikan beberapa hal agar berat badan tetap sehat dan tidak melebar setelah lebaran. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kenali rasa kenyang kalian secukupnya. Berhenti makan sebelum kenyang. Jangan membuat perut kalian terlalu penuh oleh makanan.

Kedua adalah menjaga pola makan, termasuk frekuensi, porsi, dan jenis makanan yang masuk ke dalam perut. Walaupun sedang dalam euforia lebaran, bukan berarti kita bisa bebas untuk makan apa saja yang kita mau. Seimbangkan jenis makanan yang kalian makan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Baca juga:   Dinkes Cari Bibit Baru Lewat Jambore Kader Taman Posyandu

Terakhir adalah menjaga pola tidur dan tetap berolahraga setelah lebaran. Karena kurang tidur dapst menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini karena orang yang kurang tidur cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dan kurang aktifitas.

Maka dari itu, penting adanya untuk mengimbangi masuknya kalori ketubuh dengan olahraga yang seimbang. Cukup dengan berjalan santai selama 30 menit setiap pagi. Pasti akan membuat tubuh lebih sehat dan berat badan lebih terjaga. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019