walikota menghimbau agar ada peningkatan perhatian untuk keamanan.

MADIUN – Perayaan lebaran di Kota Madiun dan Provinsi Jawa Timur pada umumnya berjalan lancar. Bahkan, sejumlah kejadian tercatat mengalami penurunan dibanding lebaran tahun lalu. Hal itu mengemuka saat Apel Konsolidasi Operasi Ketupat Semeru 2019 di Mapolres Madiun Kota, Kamis (13/6).

Arus mudik dan balik terpantau lancar selama gelaran ops Ketupat Semeru mulai 29 Mei hingga 10 Juni 2019. Hanya, dilaporkan adanya kemacetan di sejumlah exit tol. Namun, permasalahan dapat segera terurai. Jumlah laka lantas juga tercatat menurun 54 persen di Jawa Timur. Jumlah laka selama ops Ketupat Semeru 2019 tercatat 171 kejadian. Sedang, laka pada lebaran sebelumnya tercatat sebanyak 374 kejadian. Penurunan ini baik secara kualitas maupun kuantitas.

Begitu juga dengan jumlah pelanggaran lalu lintas yang terpantau menurun jika dibanding lebaran tahun lalu. Jumlah pelanggaran turun 22 persen. Tahun ini tercatat 16.500 pelanggar. Sedang, tahun lalu tercatat 21.212 pelanggar lalin. Namun, bukan berarti tanpa catatan. Angka kejahatan atau gangguan kamtibmas naik 96 persen. Hanya ada 10 kejadian di 2018. Sedang, tahun ini terdapat 106 kejadian. Kasus curat tercatat paling banyak dengan 28 kasus atau naik 20 persen di lebaran 2019 ini.

Walikota Madiun Maidi yang menjadi pembina apel mengapresiasi kinerja seluruh pihak terkait. Terutama TNI-polri yang sudah bekerja secara maksimal. Begitu juga dengan petugas-petugas lain. Mulai Linmas, Satpol PP, Damkar, petugas kesehatan, petugas transportasi, pramuka dan lain sebagainya. Tanpa peran serta semua pihak pelayanan lebaran ini tak akan optimal.

Baca juga:   Tanggap Tangani DBD, Walikota Instruksikan OPD Dan Masyarakat Segera Bertindak

“Semua sudah bekerja secara maksimal dan hasilnya juga optimal. Terbukti dari sejumlah indikator yang tercatat baik. Terima kasih atas peran semua pihak,” kata walikota.

Terkait jumlah gangguan kamtibmas yang meningkat, walikota menghimbau agar ada peningkatan perhatian untuk keamanan. Bukan hanya pada kelancaran lalu kontrasnya. Hal itu sesuai dengan instruksi Kapolda Jawa Timur dalam sambutan yang dibacakan walikota.

“Pada prinsipnya pelaksanaan ops Ketupat Semeru 2019 sudah baik. Apa yang menjadi catatan harus diperbaiki untuk semakin ditingkatkan,” pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo).