MADIUN- Lomba Desa dan Kelurahan serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Provinsi Jawa Timur memasuki tahap penilaian lapangan. Setelah sebelumnya Tim PKK Kelurahan Patihan menyampaikan paparan di hadapan juri dari Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jatim.

Hari ini, Jumat (14/6), tim juri melakukan penilaian lapang di Kelurahan Patihan. Berbagai penilaian dilakukan. Bukan hanya menilai tentang Kelurahan Berhasil. Namun, tim juga menilai efektitas 10 Program Pokok PKK yang menjadi penunjang Kelurahan Berhasil. Sebab, 10 Program Pokok PKK tidak bisa ditinggalkan dalam upaya meraih keberhasilan mengelola sumber daya yang ada.

“Penilaian untuk kelurahan berhasil indikator utamanya ada tiga. Yakni kewilayahan, kemasyarakatan, dan pemerintahan. Sub penilaiannya ada lagi lainnya. Nah hari ini kita melakukan pengecekan apakah semua yang dipaparkan itu sama dengan kondisi aslinya,” ujar Koordinator Tim Penilai Lapang Heru Suseno.

Menurutnya, satu kelurahan mampu lolos ke tahap penilaian lapang merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. Karena di Jawa Timur ada 777 kelurahan. Dan Kota Madiun ini lolos ke dalam empat besar Lomba Kelurahan Berhasil dan 10 Program Pokok PKK.

“Sekilas saya amati tadi inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh Kelurahan Patihan menarik. Bagus batiknya. Saya dukung untuk dipamerkan ke nasional,” ungkapnya.

Baca juga:   Berupaya Tingkatkan PAD, Komisi C DPRD Batang Belajar ke Kota Madiun

Memang banyak inovasi yang dimiliki oleh Kelurahan Patihan, salah satunya melalui dua padepokan seni pencak silat yang telah menelurkan pendekar berprestasinya, batik ecoprint, green house, dan lain sebagainya. Inovasi tersebut mampu memukau 39 juri yang melakukan penilaian secara menyeluruh di seluruh wilayah Kelurahan Patihan pada hari ini.

Walikota Madiun Maidi mengatakan, pada dasarnya seluruh kelurahan yang ada di Kota Madiun kondisinya sama seperti Kelurahan Patihan. Hanya saja, tahun ini giliran Kelurahan Patihan yang masuk ke dalam nominasi lomba tersebut.

“Saya harap, apa-apa saja temuan dari tim juri disampaikan semuanya. InsyaAllah jika kita diberi amanah untuk maju ke tingkat nasional, Kota Madiun akan mengharumkan Provinsi Jawa Timur,” tandasnya.
(dhevit/ayu/kus/diskominfo)