Tanggap Bencana, Pemkot Adakan Penyuluhan Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Bagi Masyarakat

Di Posting Oleh madiuntoday

18 Juni 2019

MADIUN- Bencana bisa datang kapan saja tanpa bisa diduga-duga. Meskipun Kota Madiun tak berada di wilayah yang rawan terjadi bencana alam, namun kesiapsiagaan masyarakat dalam menangani bencana harus dipupuk sedari kini.

Maka dari itu, pada Selasa (18/6) Pemerintah Kota Madiun melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar penyuluhan pencegahan dan penanggulangan bencana bagi masyarakat Kecamatan Manguharjo yang bertujuan agar masyarakat paham terhadap pentingnya menjaga diri dari bencana alam.

Walikota Maidi dalam sambutannya mengatakan, terdapat dua bencana yang harus diantisipasi oleh masyarakat. Yaitu bencana sosial dan bencana fisik. Walikota menjelaskan, bencana sosial merupakan konflik sehari-hari antar manusia yang harus dihindari.

“Kalau bencana fisik yang sering kita jumpai adanya banjir dan kebakaran. Makannya, program saya tidak akan ada proyek besar kalau kebersihan lingkungan belum teratasi. Mari kita wujudkan kota yang sehat,” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam kesempatan yang sama Walikota mengimbau kepada masyarakat untuk turut andil dalam mengantisipasi terjadinya bencana dan memajukan kota. Caranya dengan melaporkan jika terdapat fasilitas umum yang tidak berjalan sesuai fungsinya.

“Segera lapor kalo ada lampu mati, tiang lampu kurang, kondisi ini harus diketahui semua orang. Ini semua demi Kota Madiun yang lebih baik,” tegasnya.

Dalam giat yang juga dihadiri oleh Wakil Walikota Inda Raya Ayu Miko Saputri, Sekda Rusdiyanto, dan jajaran OPD Pemerintahan Madiun tersebut, Walikota sekaligus menjadikan momen penyuluhan sebagai sarana silaturahmi.

“Pada kesempatan ini suasana Idul Fitri secara pribadi dan atas nama Pemkot apabila ada kurang hal yang berkenan mohon maaf lahir batin,” ungkapnya.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kecamatan Manguharjo tersebut diikuti sebanyak 250 peserta yang berasal dari lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (LPMK), tokoh masyarakat, PKK, dan perwakilan RT-RW di Kecamatan Manguharjo. (luki/ayu/kus/diskominfo)

Artikel Terkait

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

Jalan A Yani Jadi Dua Arah, uji Coba Dimulai Sore Ini

MADIUN – Uji coba pemberlakuan dua arus di Jalan A Yani mulai dijalankan, Sabtu (24/10) sore. Pemberlakuan bakal dimulai pukul 17.00. Pengendara dari Jalan Pahlawan sebelah utara Patung Pecel bisa berbelok ke kanan menuju Jalan A Yani. Artinya, tidak harus lurus ke...

Don`t copy text!